Jokowi Ingin Indonesia Jadi Pusat Busana Muslim Dunia

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
19 April 2018 12:43
Jokowi Ingin Indonesia Jadi Pusat Busana Muslim Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia- Muslim Fashion Festival (Muffest) 2018 mulai digelar hari ini, Kamis (19/4/2018) hingga Minggu (22/4/2018). Ajang perhelatan fesyen muslim itu resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC).

Pada opening ceremony Muffest 2018, sejumlah desainer dan beragam brand hijab pamer karya terbaik mereka. Restu Anggraini, Noore, Sofie, Ernesto Abram, menampilkan koleksi modest wear yang simpel tapi banyak potongan modifikasi. Sesuai dengan DNA masing-masing, mereka berusaha menampilkan karya yang atraktif dan berciri khas.




Melihat hal ini, Jokowi mengaku senang dengan perkembangan fashion busana muslim Indonesia. Bahkan Jokowi berharap Indonesia bisa menjadi pusat busana muslim dunia.

"Ketika saya keliling dunia, banyak orang mengatakan kepada saya bahwa busana muslim desain dari Indonesia sangat luar biasa dan digandrungi. Jadi bagaimana kita bisa mengembangkan ini sehingga nantinya Indonesia bisa menjadi pusat busana muslim dunia. Dengan ini saya nyatakan Muslim Fashion Festival dibuka," ujar Jokowi saat berbicara di pembukaan Muffest 2018, JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

Jokowi juga berpesan kepada seluruh pelaku mode Indonesia khususnya para perancang busana muslim untuk memadukan antara unsur tradisional dan modern. Ini dilakukan agar budaya Indonesia tidak terlupakan.

Perhelatan yang diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) itu tak hanya menyajikan peragaan busana tapi juga pameran busana muslim. Desainer Ali Charisma selaku Ketua IFC berharap Muffest 2018 tak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia tapi juga menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung, berbelanja, dan melihat tren modest wear di Indonesia.

Senada dengan Jokowi, Ali Charisma juga berharap Indonesia akan menjadi pusat muslim dunia tidak di 2020 tapi sekarang. "Industri mode indonesia berkembang pesat khususnya busana muslim walaupun gak sebesar jumlah penduduk indonesia yang mayoritas agama Islam. Indonesia menjadi target pasar internasional. Semoga Indonesia bisa menjadi kiblat fashion muslim dunia bukan 2020 tapi sekarang," paparnya saat pembukaan. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading