Internasional

Abaikan Perjalanan Gratis, Orang AS Kehilangan Rp 297 T/Tahun

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 April 2018 10:50
Abaikan Perjalanan Gratis, Orang AS Kehilangan Rp 297 T/Tahun
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang Amerika kehilangan ratusan dolar setiap tahunnya dalam perjalanan gratis karena tidak mengambil benefit dari kartu kredit yang fokus pada perjalanan (travel). Secara kolektif, menurut NerdWallet  dalam Survei Kartu Kredit Travel 2018 menemukan bahwa orang Amerika kehilangan US$22 miliar atau setara Rp 297 triliun (asumsi US$1 = Rp 13.500) karena tidak menggunakan fasilitas perjalanan gratis.

Pada tingkat individu, mereka yang tidak memanfaatkan kartu kredit travel akan kehilangan rata-rata US$227/tahun (Rp 3,1 juta). Angka itu bahkan lebih tinggi untuk pemegang kartu baru yang mendapatkan tawaran pendaftaran lebih mewah.
Foto: IST
NerdWallet melaporkan bahwa penawaran tersebut  bernilai rata-rata US$450 (Rp 6,1 juta). Ini belum dikombinasikan dengan poin yang diperoleh sepanjang tahun pertama, oleh pemegang kartu baru dengan rata-rata hadiah sebesar US$901 (Rp 12,16 juta).

Sekitar 34% dari orang Amerika memilih  menggunakan kartu kredit dengan dengan lebih tanggung jawab. Untuk membuat kartu kredit travel, Anda tidak bisa hanya untuk mendapatkan keuntungan atau berpikir mengeluarkan banyak uang guna mengumpulkan poin semata.
Foto: IST
Bahkan, rasa takut  berutang membuat 34% orang Amerika tidak berani mendaftar untuk membuat kartu kredit travel. Mereka yang sudah terlilit utang, sebaiknya  harus menghindari pembuatan kartu tersebut. 


Ini berbeda dengan para milenial yang mendominasi 50% orang Amerika dalam memakai kartu kredit dengan biaya perjalanan terbanyak untuk mendapatkan poin khusus. Namun, bagi konsumen yang memiliki  budget terbatas dan berencana untuk bepergian, mereka bisa  memilih menghemat kartu kredit tersebut jauh-jauh hari guna mengurangi apa yang mereka keluarkan dalam perjalanan.

Sebuah situs layanan finansial WalletHub mengeluarkan Kartu Kredit Capital One Venture Rewards sebagai pilihan utama bagi para pelancong. Kartu ini gratis untuk tahun pertama dengan biaya tahunan sebesar US$95 (Rp 1,3 juta). Sejumlah fasilitas dapat diterapkan untuk hampir semua perjalanan, termasuk 50.000 mil bonus jika Anda menghabiskan US$3.000 (Rp 410,5 juta) dalam tiga bulan pertama, serta poin ganda pada setiap pembelian dan tidak ada biaya transaksi asing.

Ini telah menjadi favorit di kalangan milenium sejak debutnya pada Agustus 2016. Meskipun hanya  Rp 6,1 juta biaya yang dikeluarkan/tahun, Elkins mengatakan bahwa Anda bisa mengambil manfaat yang lebih besar dengan mengambil biaya lebih kecil dan menggantinya dengan dengan biaya Rp 4,1 juta/tahun.

"Sebagai permulaan, kartu kredit Sapphire Reserve menawarkan penggantian kredit perjalanan tahunan sebesar Rp 4,1 juta setiap tahun. Itu pada dasarnya membuat biaya tahunan turun menjadi Rp 2 juta/tahun jika saya membelanjakan setidaknya Rp 4,1 juta untuk biaya perjalanan setahun," kata dia. 

Anda juga dapat melihat daftar kartu kredit perjalanan terbaik untuk tahun 2018 dan memutuskan manfaat mana yang paling cocok untuk situasi Anda. Jika Anda sudah menjadi traveler atau telah memiliki tujuan bepergian gunakanlah reward kartu kredit perjalanan dengan baik. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading