Internasional

16% Orangtua di AS Bayar Kuliah Anak Pakai Kartu Kredit

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
06 April 2018 17:59
16% Orangtua di AS Bayar Kuliah Anak Pakai Kartu Kredit
Jakarta, CNBC Indonesia - Tak semua orangtua sudah menyiapkan biaya kuliah anak dengan matang. Menurut survei terbaru di Amerika Serikat, mayoritas orangtua menyiapkan biaya pendidikan anak kurang dari US$ 100 ribu atau Rp 137,7 juta.

Sementara biaya masuk kuliah anak di Amerika Serikat selama empat tahun semakin mahal/ Menurut College Board, rata-rata biaya kuliah anak untuk warga negara Amerika Serikat sekitar US$ 9,970 (Rp 137 juta) per tahun dan buat mahasiswa internasional mencapai lebih dari US$ 25 ribu (Rp 344 jutaan) per tahun. Bahkan beberapa universitas memberikan biaya lebih tinggi bisa mencapai US$ 34 ribuan (Rp 468 juta) per tahun.

Temuan serupa diungkap oleh organisasi non-profit Trends in College Pricing Report yang menyebutkan kalau estimasi biaya kuliah anak hingga lulus selama kurang lebih empat tahun pada 2017 sampai 2018 berkisar antara US$ 25 ribu (Rp 344 juta) untuk warga Amerika dan US$ 40 ribu (Rp 551 juta) buat mahasiswa asing. Biaya tersebut umumnya belum termasuk untuk dana akomodasi, buku, transportasi, serta uang saku anak selama kuliah.


Melihat mahalnya biaya anak kuliah saat ini, survei yang diadakan oleh Student Loan Hero pada awal 2018 mengungkap kalau 16% orangtua berencana membayar kuliah anak menggunakan kartu kredit. Survei tersebut juga menunjukkan kalau 44% orangtua bersalah karena mereka tak menyiapkan dana pendidikan tinggi sejak dulu.

Ada pun 37% orangtua mempertimbangkan menggunakan tabungan pensiun mereka untuk membayar kuliah anak. Dan hanya 26% orangtua yang telah menyiapkan dana cukup untuk anak kuliah.

"Biaya kuliah anak semakin meningkat. Itu membuat para orangtua beprikir bagaimana mengatasi tabungan kuliah anak. Jika orangtua menunggu anak sudah remaja baru mulai memikirkan biaya kuliah anak maka mereka adalah orang yang terlambat," kata Andrew Pentis dari Student Loan Hero seperti dikutip di CNBC.

Survei ini juga memperlihatkan kalau lebih dari setengah orangtua di Amerika Serikat masih kurang menyiapkan dana pendidikan. 57% orangtua menyiapkan dana mulai dari US$ 0 sampai US$ 10 ribu untuk kuliah. 22% yang sudah menyimpan biaya mulai US$10 ribu hingga US$ 20 ribu. 9% orangtua menabung uang kuliah anak mulai dari $20 ribu sampai US$ 30 ribu. Hanya 4% yang mempertimbangkan untuk menyimpan uang kuliah anak hingga lebih dari US$ 50 ribu.

Dibandingkan menggunakan kartu kredit, orangtua disarankan mencari beasiswa serta asuransi pendidikan anak sejak dini. Jika tidak, manfaatkan student loan yang diberikan banyak perusahaan keuangan saat ini.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading