Boros Saat Wisata Boleh, Asal untuk yang Satu Ini

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
03 April 2018 16:39
Boros Saat Wisata Boleh, Asal untuk yang Satu Ini
Jakarta, CNBC Indonesia- Tidak ada salahnya menghabiskan uang lebih banyak saat berwisata, asal jangan buat makanan, minuman, atau membeli oleh-oleh. Menurut pakar travelling Anthony Bourdain, boros saat berwisata sangat disarankan hanya untuk memilih tempat penginapan.

Bourdain mengatakan saat memutuskan untuk jalan-jalan, memesan hotel atau penginapan adalah hal pertama yang ia lakukan. Lokasi yang ia pilih biasanya di tengah kota, yang penuh hiruk pikuk agar ia bisa menikmati suasana kota tersebut dari kursi terdepan dan mendekatkannya dengan kearifan lokal.


"Saya ingin mencari hotel di lingkungan yang memiliki pesona dan karakter, semacam tempat di mana saya bisa berjalan ke kafe, duduk dan merasakan tempat itu. Saya juga memilih satu dengan tampilan yang unik seperti hotel kolonial tua yang menjadi favorit," ucap Anthony Bourdain seperti yang dilansir CNBC Make It.


Dengan memilih penginapan di pusat kota, anda bisa lebih leluasa mengatur jadwal jalan jalan. Jangan jadwalkan setiap menit liburan karena hal itu hanya mempersulit sehingga Anda tidak menikmati liburan dengan baik.

Untuk menjaga agar biaya penginapan tidak merusak anggaran Anda, fokuslah untuk menurunkan biaya lainnya. Menurut situs perjalanan CheapAir.com, waktu ideal untuk memesan penerbangan domestik adalah 70 hari sebelumnya.

Study Airfare 2018 menemukan bahwa untuk mendapatkan penerbangan termurah adalah 21 hingga 121 hari sebelum perjalanan Anda. Kendati harga tiket penerbangan bervariasi berdasarkan musim, namun ini sangat efektif menekan biaya.

Anda dapat menemukan penawaran penginapan yang terjangkau melalui layanan pemesanan seperti Airbnb atau VRBO, tetapi ada baiknya memilih penginapan di pusat kota. Bersikaplah fleksibel dengan rencana yang telah dipersiapkan. 

Jika Anda bersedia melakukan perjalanan di luar musim, biasanya Anda akan mendapatkan tarif yang lebih murah. Dan kemungkinan, tujuan Anda tidak akan terlalu ramai.

Anda juga bisa mempertimbangkan berwisata di tempat yang jarang disambangi wisatawan. Biasanya ini jauh lebih murah dan Anda juga bisa jauh mengeksplorasi lebih nyaman.

"Ada tempat di seluruh dunia yang masih relatif kurang dikunjungi, di mana Anda dapat memiliki pengalaman yang luar biasa dengan uang yang relatif sedikit," kata dia. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading