iPhone X Tidak Laku di Asia, Apple Akan Keluarkan Tipe Baru

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
08 March 2018 10:05
Enam bulan sejak peluncuran, penjualan iPhone X di Asia hanya 5,5 juta unit. Ini tergolong penjualan rendah untuk smartphone anyar. Foto: Istimewa
Jakarta, CNBC Indonesia - Analis Rosenblatt Securities Jun Zhang menyatakan Apple Inc sedang membuat model ponsel lain untuk menyasar pasar Asia. Hal ini dilakukan sebab iPhone X tidak lagi diminati konsumen Asia sejak musim libur tahun baru Imlek 2018.

Dalam laporan penelitian yang dikeluarkan pada hari Rabu, Zhang menghitung ada sekitar 5,5 juta iPhone X yang terjual di enam bulan pertama sejak peluncuran dan ini termasuk penjualan yang rendah untuk ponsel tipe baru. Namun ia yakin rendahnya penjualan ini akan tertutupi kesuksesan penjualan iPhone seri terbaru nanti.

"Kami tidak terkejut dengan cepatnya penurunan penjualan iPhone X setelah tahun baru China," tulis Zhang. "Penjualan iPhone X semakin menurun, menurut kami, menandakan siklus pembaruan di pasar ponsel cerdas mewah terus berkembang. Kami juga melihat hal yang sama terjadi pada Samsung galaxy S9, yang penjualan pre-order nya melemah (dibandingkan seri sebelumnya)."


Dilansir dari CNBC, Apple dan Samsung, seperti perusahaan teknologi lainnya,  jarang merilis data produk baru atau penjualan unit di luar laporan kuartalan atau acara peluncuran. Tapi, Zhang menulis, Apple bisa menjual 6 juta sampai 8 juta unit iPad Pro dengan penguasaan 3-D yang lebih baik, serta ponsel barunya di musim gugur nanti.

Model iPhone merah baru, iPhone kelas bawah dan HomePod dengan harga yang lebih murah mungkin juga akan laku di pasar, kata Zhang. (Apple telah bermitra dengan organisasi HIV / AIDS (RED) selama lebih dari satu dekade, dan sering menjual produk berwarna merah untuk mendukung penelitian dan pencegahan AIDS.)

"Karena kami memperkirakan keseluruhan pasar smartphone akan flat tahun ini, terutama di pasar ponsel menengah ke atas, model iPhone terbaru yang murah dari Apple bisa mendorong pertumbuhan penjualan unit Apple," tulis Zhang.
Artikel Selanjutnya

iPhone 7 Plus Terlaris Kedua di China Setelah Oppo R9s


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading