Ini Ponsel yang Mirip iPhone X Seharga Rp 550 Ribu

Lifestyle - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
28 February 2018 18:34
Ponsel mirip iPhone X ini diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress (MWC), pameran ponsel terbesar di dunia yang dihelat di Barcelona, Spanyol.
Jakarta, CNBC Indonesia - Peluncuran iPhone X pada November 2017 telah menciptakan rekor baru dalam industri ponsel. iPhone X jadi ponsel cerdas (smartphone) pertama yang berharga US$1.000 atau setara Rp 13,75 juta (asumsi US$1 = Rp 13.750).

Ketika diluncurkan banyak konsumen yang mengeluhkan mahalnya iPhone X. Namun kini untuk bisa menggunakannya, konsumen tak perlu lagi mengeluhkan harga. Pada acara Mobile World Congress (MWC), pameran ponsel terbesar di dunia yang dihelat di Barcelona, Spanyol, sejumlah perusahaan memamerkan ponsel-ponsel tandingan iPhone X.

Beberapa produsen telepon genggam memamerkan perangkat barunya yang memiliki "cekungan" yang sama dengan bagian atas layar iPhone X. Soal harga, lebih terjangkau ketimbang iPhone X.


Melansir dari CNBC International, berikut beberapa pesaing iPhone X yang juga mengadopsi beberapa fitur dan tampilan iPhone X.


1. Noa N10
Ini Ponsel yang Mirip iPhone X Seharga Rp 550 RibuFoto: Doc. CNBC International
Hangar18 adalah perusahaan Kroasia yang berada di balik Noa N10, ponsel pintar (smartphone) dengan layar 6,2 inci yang lebih besar daripada layar 5,8 inci milik iPhone X.

Ponsel ini memiliki "cekungan" di bagian atas layar yang mengambil porsi cukup besar di bagian depan perangkat tersebut. Smartphone ini juga memiliki dua kamera di bagian belakang, seperti iPhone X, dengan layar high-definition.

Bahkan, Noa N10 memiliki fitur untuk membuka kunci ponsel dengan memindai wajah. Perusahaan menyebut fitur tersebut "Face ID", serupa dengan fitur FaceID milik Apple di iPhone X.

N10 menggunakan sistem operasi Android milik Google dan akan dipasarkan tahun ini dengan harga sekitar 300 euro (US$366 atau sekitar Rp 5 jutaan).

2. Blackview A30
Ini Ponsel yang Mirip iPhone X Seharga Rp 550 RibuFoto: Doc. CNBC International
Ponsel serupa dengan iPhone X ini diproduksi oleh Shenzen Doke Electronics Co. Perangkat ini belum diproduksi, tetapi perwakilan perusahaan yang berada di booth mengatakan ponsel ini akan tersedia tahun ini.

Perangkat yang ditampilkan bahkan memiliki tampilan layar iPhone karena perusahaan belum mempunyai prototype yang siap. Ponsel ini menggunakan Android Go, versi sistem operasi Google dengan data yang kurang intensif.

Pihak perusahaan mengatakan perangkat ini akan dijual dengan harga $40 atau sekitar Rp 550.000-an.

3. Doogee V5
Ini Ponsel yang Mirip iPhone X Seharga Rp 550 RibuFoto: Doc. CNBC International
Doogee adalah produsen smartphone lain dari China yang mengikuti Apple. V5 adalah flagship yang memiliki "cekungan" di bagian atas layar sebesar 6,2 inci.

Doogee juga menyisipkan sensor sidik jari di bawah layar V5, sehingga layarnya pun lebih lebar. Ponsel ini juga memiliki teknologi pengisi daya nirkabel. Pihak perusahaan belum mengumumkan harga perangkat ini.

4. Leagoo S9
Ini Ponsel yang Mirip iPhone X Seharga Rp 550 RibuFoto: Doc. CNBC International
Ponsel lain yang menggunakan desain "cekungan" adalah Leagoo S9. Ponsel ini dibuat oleh perusahaan China Leagoo dengan layar berukuran 5,85 inci.

Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android dan dibandrol dengan harga $125 atau seharga Rp 1,7 jutaan.

5. Wiko View 2 Pro
Ini Ponsel yang Mirip iPhone X Seharga Rp 550 RibuFoto: Doc. CNBC International
Wiko View 2 Pro sebenarnya bukan tiruan iPhone X. Memang, ponsel ini meminjam desain "cekungan", tetapi dengan versinya sendiri yaitu cekungan yang lebih kecil daripada smartphone andalan Apple.

Ponsel ini juga menyisipkan fitur untuk membuka kunci ponsel dengan wajah (face unlock) dan dua kamera. Wiko View 2 Pro dijual seharga 299 euro ($365 atau sekitar Rp 5 jutaan).

Pihak Apple menolak untuk berkomentar tentang ponsel-ponsel ini.
Artikel Selanjutnya

RI Nomor Dua Tertinggi Belanja Lewat Smartphone di ASEAN


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading