5 Manfaat Punya Asuransi, Hidup Bebas Beban Pikiran

Investment - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
05 January 2022 14:10
Ilustrasi Hari Ibu (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki polis asuransi jiwa saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat, terutama dalam menghadapi berbagai risiko buruk yang mungkin terjadi. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menilai, asuransi mampu mengelola risiko dan memberikan jaminan serta proteksi diri atas ketidakpastian di masa datang.

Belum lagi dalam melalui masa pandemi, di mana sendi-sendi kehidupan semakin tidak menentu, baik dari sisi kesehatan maupun keuangan. Oleh karena itu, asuransi jiwa dapat menjadi solusi dalam mengantisipasi perubahan tersebut.

Adapun dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima manfaat dari asuransi jiwa yang bisa Anda peroleh:


1. Mengurangi Beban Kecemasan

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Development Economics, memiliki asuransi jiwa dapat menenangkan pikiran seseorang dan mengurangi rasa stres. Hal ini karena asuransi dapat memberikan manfaat yang bisa menguntungkan dari segi kesehatan pikiran. Ketika Anda memiliki polis asuransi, proteksinya tentu akan mengurangi beban kecemasan dari kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

2. Investasi Demi Masa Depan

Asuransi jiwa juga bisa dijadikan sebagai bentuk investasi untuk masa depan baik dari sisi kesehatan maupun finansial. Dari sisi kesehatan, Anda bisa mendapatkan jaminan dengan berbagai manfaat yang ditawarkan. Sementara dari sisi finansial, asuransi mirip dengan tabungan berjangka yang sewaktu-waktu manfaat investasinya dapat diklaim.

3. Membantu Manajemen Keuangan

Asuransi membantu memperbaiki manajemen finansial para pemilik polis. Pasalnya, ketika mendapatkan permasalahan mengenai kesehatan, keuangan Anda tidak akan terganggu dengan biaya pengobatan dan perawatan. Hal ini karena semua biaya kesehatan tersebut akan di-cover oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang Anda miliki.

Sehingga tentunya Anda memiliki cukup ruang dari sisi finansial untuk mengantisipasi perubahan tidak terduga yang mungkin terjadi di masa depan.

4. Jaminan Kehidupan Seutuhnya

Asuransi jiwa juga dapat menjamin kehidupan Anda seutuhnya. Ketika membeli produk asuransi, Anda bisa memastikan manfaat asuransi yang Anda dapatkan, seperti manfaat meninggal, manfaat kecelakaan, manfaat penyakit kritis, manfaat rawat inap, serta manfaat investasi.

Lewat berbagai jaminan itu, Anda dapat membentengi diri dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Tidak hanya proteksi kesehatan namun juga finansial sesuai manfaat yang dipilih.

5. Bentuk Self-love

Selain melindungi dari segi kesehatan fisik, kesehatan mental Anda pun juga terjaga ketika memiliki asuransi jiwa. Mental yang sehat membuat produktivitas Anda tetap terkendali. Oleh karena itu, asuransi dapat bermanfaat sebagai bentuk perhatian terhadap diri sendiri atau wujud self-love.

Pilih Polis Sesuai Kebutuhan

Untuk memilih polis yang tepat sesuai kebutuhan dan tujuan proteksi diri, Anda perlu memahami berbagai jenis asuransi jiwa berdasarkan manfaatnya. Seperti Asuransi Jiwa Berjangka, Asuransi Jiwa Seumur Hidup, Asuransi Jiwa Dwiguna, dan Asuransi Jiwa Unit Link.

Asuransi Jiwa Berjangka memberi proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu. Asuransi jiwa ini biasanya menawarkan kontrak untuk 5, 10, atau 20 tahun, dengan premi tetap dan terhitung murah.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup memberikan perlindungan seumur hidup, meski biasanya perusahaan asuransi membatasi manfaat perlindungan hingga hanya 100 tahun.

Asuransi Jiwa Dwiguna memiliki dua manfaat, yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan. Keunikan jenis asuransi ini adalah pemegang polis dapat mengklaim sebelum masa kontrak berakhir, misalnya untuk dana pendidikan anak, namun penarikan dana ini hanya bisa dilakukan sekali dalam jangka waktu beberapa tahun sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat.

Asuransi Jiwa Unit Link menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi, yang cukup digemari oleh masyarakat karena selain memberikan proteksi juga memberikan manfaat investasi .

Khusus untuk produk unit link, manfaat investasi ini sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI). Produk unit link cukup banyak dicari masyarakat karena memberikan imbal hasil investasi yang cukup menarik.

Salah satu jenis produk asuransi jiwa adalah Unit Link AIA. Produk asuransi ini memberikan manfaat untuk mendapatkan proteksi asuransi jiwa sekaligus manfaat investasi. Sebagai instrumen investasi, unit link memiliki nilai yang bisa sewaktu-waktu berubah tergantung perkembangan pasar uang. Premi asuransi yang dibayarkan akan sepenuhnya digunakan untuk menanggung segala kerugian atau hal-hal terkait dengan yang Anda asuransikan sesuai dengan ketentuan polis.

Pada produk asuransi Unit Link, perusahaan asuransi membagi premi asuransi yang dibayarkan nasabah, ke dalam Premi Dasar dan Premi Top Up, yang dipotong biaya akuisisi dan biaya top up.

Premi yang sudah dipotong dengan biaya akuisisi dan biaya top up, akan masuk ke instrumen investasi dalam bentuk unit yang biasa disebut nilai akun.

Nilai akun digunakan untuk membiayai biaya-biaya asuransi seperti biaya asuransi dasar (Cost of Insurance), biaya asuransi tambahan (Cost of Rider), biaya admin dan lain-lain, yang selebihnya digunakan untuk investasi.

Di era pandemi, asuransi AIA juga secara responsif meluncurkan berbagai inovasi produk dan layanan, seperti layanan pemasaran tanpa tatap muka fisik, lewat AIA DigiBuy. Lalu ada juga proteksi lebih yang memberikan manfaat tambahan santunan tunai Rp1.500.000 per hari selama rawat inap hingga maksimum 30 hari jika nasabah positif terinfeksi Covid-19. Peluncuran berbagai produk seperti AIA Power Pro Life yang dipasarkan melalui kanal distribusi keagenan, dan produk Maxi Protection Plus yang dipasarkan di kanal bancassurance juga bisa menjadi pilihan.

 


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading