Belum Punya Asuransi? Kenali Manfaat AIA Unit Link

Investment - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
03 January 2022 12:35
Ilustrasi Perencanaan Keuangan (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 membawa perubahan pada sebagian besar aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya dari sisi kesehatan dan finansial, terutama pada masa yang penuh ketidakpastian. Kini semakin banyak orang yang menyadari pentingnya untuk melakukan persiapan terhadap risiko di masa mendatang, melalui asuransi jiwa.

Meski demikian, masih ada sebagian yang masih enggan memiliki asuransi, karena dinilai tidak menguntungkan. Padahal sejatinya, manfaat asuransi yang utama adalah proteksi atau perlindungan.

Misalnya saja Asuransi Jiwa, masih banyak nasabah yang belum memahami fungsi dari jenis asuransi ini. Ada pula beberapa nasabah merasa 'terjebak' karena dana investasi yang dijanjikan ternyata jauh dari yang diilustrasikan, tanpa benar-benar memahami produk yang dimiliki.


Sebelum memiliki asuransi jiwa, ada baiknya mengenali dulu jenis-jenisnya. Ada asuransi full proteksi (tradisional) dan Unit Link (produk asuransi dengan manfaat investasi).

Produk Unit Link menggabungkan unsur proteksi dengan manfaat investasi. Manfaat atau nilai investasi ini yang membuat unit link digemari banyak masyarakat. Namun perlu diingat bahwa nilai investasi tersebut tidak dijamin dan dapat berubah tergantung perkembangan pasar modal.

 

Performa bisnis Unit Link yang sangat baik juga tercermin pada laporan terbaru AAJI bahwa di semester III-2021, Unit Link masih mendominasi pendapatan premi asuransi jiwa lebih dari 60%. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa produk asuransi Unit Link masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Asuransi full proteksi sendiri merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan terhadap satu jenis atau lebih risiko sesuai dengan manfaat asuransi yang dimiliki nasabah. Asuransi ini juga memberikan klaim atau pembayaran kepada ahli waris atau penerima manfaat untuk risiko meninggal dunia atau tertanggung itu sendiri jika nasabah memiliki manfaat proteksi kesehatan.

Dengan kata lain, premi asuransi yang dibayarkan akan sepenuhnya digunakan untuk menanggung segala kerugian atau hal-hal terkait dengan apa yang diasuransikan sesuai dengan ketentuan polis.

AIA Indonesia, sebagai perusahaan asuransi juga memiliki produk asuransi jiwa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bukan cuma itu, asuransi AIA Indonesia juga menyediakan produk konvensional dan juga syariah yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemegang polis.

Asuransi Unit Link

Produk Asuransi Unit Link adalah produk Asuransi Jiwa yang memiliki manfaat memberikan proteksi Asuransi Jiwa dan memiliki nilai investasi. Nilai investasi tersebut tidak dijamin dan dapat berubah tergantung perkembangan pasar modal.

Fungsi Produk Asuransi Unit Link tetap memberikan proteksi, hanya saja biasanya produk ini memiliki beberapa fitur yaitu manfaat proteksi dan juga investasi. Selanjutnya bisa ditambahkan perlindungan asuransi tambahan (riders) sesuai kebutuhan.

Asuransi Unit Link juga cocok untuk dimiliki anak muda karena sebagian premi yang telah dibayar tidak hanya mendapatkan manfaat asuransi tapi juga memiliki manfaat investasi dan bisa ditambahkan asuransi tambahan lainnya, sehingga dianggap fleksibel.

Bagian penting yang perlu diketahui adalah, hasil investasi yang dihasilkan pada produk unit link juga dapat dimanfaatkan nasabah untuk membayar biaya pemeliharaan polis asuransi jiwa dan kesehatan. Sehingga nasabah dapat terus mendapatkan manfaat proteksinya.

Salah satu yang bisa menjadi pilihan misalnya, Asuransi Unit Link AIA. Setiap produk asuransi unit link AIA memiliki manfaat yang berbeda-beda dengan harga premi yang berbeda pula. Preminya pun terjangkau dan disesuaikan dengan profil nasabah, ada yang mulai dengan Rp 300 ribu per bulan. Bukan cuma itu, unit link AIA juga tersedia untuk konvensional dan juga syariah.

AIA unit link adalah produk asuransi jiwa dengan manfaat investasi yang ditawarkan oleh PT AIA FINANCIAL. Produk unit link ini, cocok bagi mereka yang menginginkan proteksi jiwa dengan manfaat investasi yang dapat disesuaikan dengan tujuan finansial. Selain itu, AIA unit link juga menawarkan pembebasan premi jika mengalami cacat tetap total atau meninggal dunia.

Jika sudah menentukan pilihan, saatnya menghubungi agen pemasar atau mitra bank. Namun hal yang perlu diingat juga adalah Produk Asuransi Unit Link menggabungkan antara perlindungan dan berinvestasi, tentu investasi tersebut mengandung risiko.

Tak hanya itu, nilai investasi tersebut bisa berubah tergantung dari pergerakan pasar modal. Sehingga, ketentuan dan persyaratan produk asuransi ini sedikit lebih rumit dibandingkan Produk Asuransi Perlindungan.

Financial Planner Aidil Akbar mengatakan setiap produk asuransi memiliki manfaat yang berbeda-beda, sehingga perlu dipahami tidak ada produk yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya.

Jika sudah menentukan pilihan, saatnya menghubungi agen pemasar atau mitra bank. Namun, perlu diingat karena Produk Asuransi Unit Link menggabungkan antara perlindungan dan berinvestasi, maka mengandung risiko.

Tak hanya itu, nilai investasi tersebut bisa berubah tergantung dari pergerakan pasar modal. Sehingga, ketentuan dan persyaratan produk asuransi ini sedikit lebih rumit dibandingkan Produk Asuransi Perlindungan.

"Sebagai nasabah, penting untuk mencari tahu perbedaan dari masing-masing asuransi tersebut. Termasuk juga biaya-biaya yang terkait pada produk tersebut. Terpenting lainnya adalah cocokkan produk asuransi tersebut dengan kebutuhan agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal," pungkas Aidil.

Dalam pengelolaan asuransi ada tiga pilar yang harus dipegang yakni tata kelola, risk management, dan pemenuhan terhadap aturan. Bagi perusahaan asuransi tidak cukup memperhatikan satu atau dua aspek tersebut, karena semuanya harus dipenuhi secara konsisten.

Tidak heran, AIA Indonesia kerap menjadi pilihan masyarakat saat memilih asuransi jiwa maupun sebagai elemen investasi atau Unit Link AIA. AIA Financial yang merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading