InvesTime

Jelang Akhir Tahun, Borong Reksa Dana Jenis Apa yah?

Investment - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 October 2021 17:40
Reksa Dana

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjelang akhir tahun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus merangkak naik mendekati level tertinggi 6.700, meski indeks acuan Bursa Efek Indonesia (BEI) ini masih berkutat di 6.600.

Terkait dengan kenaikan IHSG dan penurunan suku bunga saat ini, Head of Research PT Sucor Asset Management Michele Gabriela menyarankan investor untuk melirik reksa dana pasar uang.

"Dengan suku bunga yang turun saat ini, memang pasti untuk reksa dana pasar uang turun, tapi turunnya tidak akan sedalam di deposito. Reksa dana pasar uang masih dan justru lebih menarik, meskipun suku bunganya sudah rendah," kata Michele dalam dalam program Investime CNBC Indonesia, Kamis (21/10/2021).


Menurut Michele, jika dibandingkan dengan return atau imbal hasil deposito 2-3% sampai 4%, return reksa dana pasar uang kecenderungannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan deposito.

"Ini returnya bisa sekitar 4-5%. Ini jauh lebih menarik dari deposito dan jauh lebih likuid, bisa dicairkan kapan saja. Nggak perlu nunggu jatuh tempo untuk bisa cairkan uangnya," katanya.

Selain itu, kata Michele, investor dapat menyesuaikan kebutuhan saat mengambil reksa dana pasar uang, tidak seperti reksa dana saham yang harus menggunakan uang dingin.

"Nggak mungkin kalau uang panas kita taruh di reksa dana saham. Uang panas contohnya untuk biaya pendidikan dan dana darurat atau yang sifatnya rutin. Ini sangat riskan kalau ditaruh di reksa dana saham," tambahnya.

Berdasarkan data Infovesta Utama, secara tahunan (year on year/YoY) sejak 17 September 2020 hingga 17 September 2021, empat jenis reksa dana mencatatkan imbal positif.

Laporan Infovesta mengungkapkan bahwa kenaikan tertinggi dialami oleh Reksa Dana Saham (Equity Fund) yang naik 14,77%. Tidak jauh di belakang terdapat Reksa Dana Campuran (Balanced Fund) yang meningkat 13,45%.

Sedangkan dua indeks lainnya juga mengalami kinerja positif, meski kenaikannya tidak mencapai dua digit.

Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund) tercatat tumbuh 6,41% dan di posisi terbawah Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund) yang mengalami apresiasi 3,73% pada periode yang disebutkan di atas.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading