BRI Cuap Cuap Cuan Berkah

Kalau Bisa Memilih, Lebih Enak Beli Rumah atau Apartemen?

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 May 2021 11:35
Trans Property menjalin kerja sama dengan Travelio sewa unit apartemen, Jakarta, Jumat (5/2/2021). Saat ini,Trans Property dikenal sebagai Properti developer yang sudah mengembangkan sejumlah kawasan mixed use atau Superblok berkelas yang langsung menjadi incaran masyarakat.   (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Membeli properti tidak semudah dibayangkan. Butuh biaya besar sehingga harus dipikirkan dengan matang mengingat harga rumah lazimnya selalu naik dari tahun ke tahun.

Bagi mereka yang bergaji dengan besaran sekitar Upah Minimum Regional (UMR) ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Perencana keuangan, Safir Senduk mengatakan bahwa sebelum memilih properti, pastikan lokasi yang diinginkan dan jangka waktunya apakah akan ditempati dengan waktu yang lama atau tidak.


Menurut Safir, mereka yang bergaji UMR dan masih lajang bisa memilih apartemen atau rusun (rumah susun). Ini dinilai lebih praktis karena memiliki fasilitas yang mumpuni.

"Maka biasanya apartemen atau rusun lebih strategis ketimbang rumah. Fasilitasnya rusun sudah lengkap daripada rumah. Rumah masih lebih mahal karena ada tanahnya," Safir saat acara BRI Cuap Cuap Cuan Berkah "Gaji kecil bisa beli properti di CNBC Indonesia TV, Selasa (4/5/2021).

Kendati demikian, bagi mereka yang ingin berniat menikah dan berkeluarga maka sebaiknya pilihlah rumah. Sebab rumah memiliki lingkungan bagi anak dan tak membuat jenuh karena Anda dapat membuat tata ruang yang menarik, seperti taman, ruang bermain anak, tempat untuk bersantai, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat mengubah bentuknya sesuai dengan keinginan. Hal ini tidak bisa terjadi pada apartemen yang biasanya ruangnya terbatas dan lahannya milik bersama.

"Kalau untuk ditinggali ya rumah sangat cocok untuk keluarga muda. Kalau bujangan bisa di apartemen atau rusun lebih simple dan enggak ribet," kata pemilik Certified Financial Planner (CFP) yang mendirikan Biro Perencanaan Keuangan Safir Senduk & Rekan ini.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading