BRI Cuap Cuap Cuan Berkah

Punya Gaji UMR? Begini Strategi yang Cocok buat Beli Rumah

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 May 2021 15:20
Suasana proyek pembangunan perumahan di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/2/2021). Harga hunian rumah masih menunjukkan kenaikan pada kuartal IV-2020 namun laju kenaikan melambat. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki sebuah rumah tentu menjadi sebuah impian setiap orang, termasuk mereka yang bergaji sebatas UMR (Upah Minimum Regional).

Namun apa mau dikata harga yang rumah yang selalu naik tiap tahun menjadi batu penghalang bagi berpenghasilan UMR.

Sebab itu, perencana keuangan Safir Senduk mengatakan bahwa masih ada peluang bagi karyawan UMR untuk membeli rumah.


Dia menuturkan bahwa jika memiliki tabungan untuk uang muka atau down payment (DP), langkah selanjutnya Anda mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Ini merupakan solusi yang paling tepat untuk membeli rumah bagi Anda yang tidak memiliki cukup uang untuk membayar dengan cara tunai ataupun cash bertahap.

"Ada kredit kepemilikan rumah KPR. Kalau bicara KPR carilah bank yang menawarkan bunga yang paling rendah karena hal tersebut tentu akan memudahkan untuk membayar cicilan bunga. Banyak awalnya menarik karena menawarkan kepastian suku bunga 1-3 tahun pertama tapi setelah itu floating," kata Safir saat acara BRI Cuap Cuap Cuan Berkah "Gaji kecil bisa beli properti di CNBC Indonesia TV, Selasa (4/5/2021).

Ia memaparkan bahwa jangan lupa untuk meminta skema atau simulasi pada bank bersangkutan. Tanyakan juga terkait dengan cicilan setelah berjalan 3 tahun sehingga Anda memiliki perhitungan sendiri.

Selain itu, Anda pun juga bisa mengajukan KPR subsidi, jenis kredit ini memang khusus ditujukan bagi mereka Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Tipsnya tanya ke bank misalkan tahun ke-3 dan seterusnya kira-kira berapa cicilannya. Jangan lupa minta simulasinya. Kuncinya DP dan bersabar mengumpulkan DP," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading