9 Tips Agar Resolusi 2020 Tidak Gagal Lagi

Investment - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
28 December 2019 16:38
9 Tips Agar Resolusi 2020 Tidak Gagal Lagi Foto: Infografis/Dear Fresh Graduate! Yuk Atur Uangmu dengan Cara Berikut Ini/Arie Pratama
Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun baru di depan mata, saatnya memulai resolusi keuangan dan merencanakan bagaimana mewujudkan hal tersebut.

Salah satu cara cerdas untuk mewujudkan hal tersebut adalah belajar dari orang lain, yang terlebih dahulu sudah mewujudkan resolusinya tersebut. Berikut cara-cara dari beberapa orang yang bisa dicontoh, mengutip dari CNBC, Rabu (25/12/2019).

1. Investasi Diri Kamu Sendiri
Pendiri The Corcoran Group, Barbara Corcoran mengaku punya resolusi yang sama setiap tahun, yaitu investasi untuk diri sendiri. Dia menceritakan, bagaimana dirinya pernah menyisihkan semua komisi pertamanya untuk membeli mantel bulu mewah keluaran Bergdorf Goodman, yang terkenal merilis brand ternama dunia.


"Begitu saya mengenakan mantel tersebut, saya tahu itu seharga US$ 340 (atau hampir Rp 5 juta) terbaik yang pernah saya habiskan," ujarnya.

Dia sadar, uang tersebut bisa digunakan untuk menyuntik bisnisnya yang saat itu masih permulaan. Namun dia sadar, dirinya juga butuh investasi agar dirinya bisa maju. "Mantel itu membuatku merasa seperti ratu real estate New York, dan semua orang di sekitarku mulai percaya," tegasnya.


2. Gunakan Uangmu untuk Bekerja
Jangan letakkan uangmu hanya tersimpan di bank, lalu terdepresiasi. Investasikan uang tersebut dan dapatkan imbal hasil yang sesuai.

"Saya tidak berbicara mengenai membeli sebuah rumah. (Bertolak belakang dengan kepercayaan umum, sebuah rumah bukanlah investasi, karena itu tidak menghasilkan imbal hasil setiap bulan. Saya telah membuat kekayaan saya berinvestasi di real estat, tetapi itu tidak berarti semua investasi real estat adalah ide yang baik)," ujar founder of Cardone Capital, Grant Cardone.

Dia menyarankan, cobalah berinvestasi dengan membangun ketrampilanmu tahun depan. Misalnya membangun keterampilan yang akan membuatmu semakin lebih baik dalam pekerjaan.

Sebagai informasi, Cardone Capital adalah perusahaan real estate yang saat ini asetnya tercatat senilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 10 triliun.

3. Memberi Lebih
Rahasia untuk menikmati hidup adalah dengan memberi. Sementara diri kita memiliki keuangan yang cukup, akan lebih baik jika bisa menolong orang lain dan bersyukur dengan apa yang kita punya.

Demikian yang disampaikan oleh co-Founder and CMO of Nunbelievable, co-Founder of #ThisIsMyEra and Founder and board member of the Amani Hope Foundation, Kuda Biza.

Saya juga memberi melalui perusahaan saya, Nunbelievable. Kami menyumbangkan dua makanan untuk membantu memerangi kelaparan untuk setiap lusin kue yang kami jual. Semakin banyak konsumen yang memilih merek yang mendukung misi sosial, jadi memberi juga bisnis yang baik.

"Kita semua memiliki kekuatan untuk menyentuh kehidupan orang lain, menyampaikan rasa terima kasih dan hidup lebih berkelimpahan. Inilah dekade baru memberi lebih dari yang kita belanjakan!," ujarnya.

4. Hanya Sisihkan Beberapa Persen dari Pendapatanmu
Hukum Parkinson menyarankan bahwa pekerjaan diperluas untuk mengisi waktu yang tersedia untuk penyelesaiannya. Ini juga menjelaskan mengapa kita cenderung membelanjakan apa yang kita hasilkan, atau lebih.

"Sebagai sebuah keluarga, resolusi keuangan 2020 kami adalah hidup dengan 20% dari pendapatan kami dan menyisihkan sisanya untuk ditabung, sumbangan amal, dan investasi. Kami berkomitmen untuk menjaga pengeluaran dengan konsisten, bahkan saat bisnis dan pendapatan kami tumbuh," kata CEO at Tiny Devotions and partner at Crimcheck, Lin Sun.


5. Jujur Pada Diri Sendiri, dan Uang akan Mengikuti
Resolusi saya adalah menghubungkan tujuan bisnis saya dengan nilai-nilai pribadi saya. Ini lebih dari sekadar cara hidup. Ini adalah cara terbaik untuk membangun bisnis yang sukses.

Sementara kualitas produk atau layanan Anda penting, bahkan produk terbaik tidak berbicara kepada orang. Orang-orang melakukannya. Konsumen merespons keaslian dan semakin pandai mendeteksi janji-janji palsu dan kepribadian merek.

Ketika Anda jujur pada diri sendiri daripada berusaha untuk disukai, Anda memenangkan rasa hormat orang lain, di mana itu adalah salah satu aset paling kuat yang bisa dimiliki bisnis. Meskipun Anda tidak akan sempurna dan mungkin kehilangan peluang di sana-sini, Anda akan membuktikan bahwa kata-kata Anda baik, dan kredibilitas selalu berarti lebih banyak uang.

Demikian yang diucapkan oleh co-founder and CEO of vCita, a comprehensive small business management platform, Itzik Levy.

6. Buat Sistem "Financial Tracking"
Buat sebuah sistem keuangan untuk memprediksi secara akurat 12 bulan ke depan. Dibutuhkan usaha untuk membangun dan memelihara, tetapi begitu Anda memiliki sistem di sana, perkiraan menjadi jauh lebih mudah.

Pertama, tentukan berapa banyak pendapatan yang akan didapatkan selama 12 bulan ke depan dan buat anggaran untuk bagaimana merencanakan serta menyimpan atau membelanjakan uang itu. Siapkan interval pos pemeriksaan mingguan atau bulanan.

Demikian yang dijelaskan oleh co-founder of Accounting Department.com, a virtual accounting service for small businesses, Dennis Najjar

7. Memahami Matrik Keuangan
Resolusi kami untuk tahun baru adalah untuk memastikan bahwa tim kami sepenuhnya memahami metrik yang berbeda yang memiliki dampak terbesar pada target keuangan kami dan bagaimana metrik tersebut saling terkait.

Ketika Anda tumbuh cepat, pasti lebih mudah untuk melihat penjualan top-line; tetapi juga penting untuk memahami tingkat retensi pelanggan Anda, tingkat konversi, pengeluaran pemasaran, dan bagaimana mereka semua cocok bisa cocok.

Kami akan mengeksekusi dengan membagikan rencana kami dengan para pemangku kepentingan utama dalam bisnis, mendapatkan masukan mereka, dan kemudian memastikan semua orang di tim tahu apa yang perlu mereka lakukan untuk berkontribusi pada target keuangan kami.

Ujar Co-founder and CEO of SilkFred, Emma Watkinson

8. Persiapkan untuk 4-D
Bersiaplah menghadapi ancaman yang bisa menguras finansial, yang mungkin saja terjadi di masa depan. Yaitu debt (uang), death (kematian), divorce (perceraian), and bad decisions (salah pilih).

Anda butuh uang untuk pensiun; jadi rencanakan dengan tepat dan pelajari cara menabung untuk hari tua. Sisihkan dana untuk investasi di masa depan, peluang ekspansi bisnis, dan situasi terencana dan tidak terencana. Jadikan kebiasaan dengan menggunakan setoran otomatis, sehingga Anda tidak ketinggalan.

Selalu hidup di bawah kemampuan Anda. Semakin sukses Anda, semakin penting untuk mengawasi setiap sen. Setelah Anda tidak dibatasi secara finansial, mudah terperangkap dalam perasaan sukses dan menghabiskan terlalu banyak. Akhirnya, perhatikan biaya tersembunyi, termasuk biaya dari penasihat keuangan.

Demikian yang disampaikan oleh co-founder and executive vice chairman of Fischer & Company, a leading global corporate real estate firm that provides consulting, brokerage, and technology solutions, Gail Corder Fischer.


9. Investasi di Real Estate
Temukan cara untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi untuk investasi dengan membangun jaringan atau mencari penawaran yang tepat. Bahkan ini dilakukan agar beberapa poin persentase bertambah.

Perbedaan antara pengembalian 10% dan 15% mungkin tidak tampak banyak dalam jangka pendek, tetapi lebih dari 30 tahun, itulah perbedaan antara menggandakan uang empat atau tujuh kali. Berinvestasi dalam real estat adalah cara terbaik untuk melakukan ini.

Untuk mendapatkan pengembalian investasi yang lebih tinggi, kami berjejaring dengan pengembang yang dapat memberikan. Kami juga memanfaatkan ukuran broker real estat kami, yang memiliki 700 penutupan pada 2019, untuk menciptakan peluang yang dapat kami tawarkan kepada orang-orang yang ingin berinvestasi bersama kami dan mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi.

Kata founder of Orange Line Living, broker at the Keri Shull Team, and co-founder of real estate coaching business HyperFast Agent; author of "The HyperLocal, HyperFast Real Estate Agent, Daniel Lesnia.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading