Perencanaan Keuangan

Jadi Miliuner Ketika Pensiun, Mungkinkah?

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 September 2018 19:05
Jadi Miliuner Ketika Pensiun, Mungkinkah?
Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki finansial yang mumpuni memasuki masa pensiun merupakan impian setiap orang. Tak heran untuk mewujudkannya perlu usaha yang keras, seperti menerapkan strategi keuangan.

Strategi yang benar dan terkonsep tidak hanya membuat Anda sejahtera di hari tua tapi buat Anda bisa menjadi miliuner. Namun tak sedikit juga yang gagal karena kurangnya ketekunan.


Perencana Keuangan, Prita Hapsari Ghozie mengatakan bukan tidak mungkin mereka yang pensiun bisa menjadi miliuner. Hanya saja pertanyaannya, nilai uang miliaran di masa depan tak bisa ditebak  karena adanya inflasi.


"Menjadi miliuner ketika pensiun itu sangat bisa. Tapi pertanyaannya nilai uang miliaran hari ini itu setara berapa rupiah di masa depan? Sebab inflasi membuat nilai uang menjadi kecil," ujar Prita kepada CNBC Indonesia, Rabu (26/9/2018).

Dia menuturkan untuk hidup sejahtera di kala pensiun harus melakukan perencanaan keuangan meliputi pengeluaran, investasi serta tabungan.

Pemasukan atau pendapatan harus dialokasikan dengan benar. Pengeluaran juga harus dikontrol. Karena itulah menyusun anggaran bulanan dan mengalokasi dana untuk ditabung atau diinvestasikan merupakan sebuah keharusan.

Perlu diingat dalam berinvestasi, tidak boleh melupakan pentingnya diversifikasi. Dengan adanya diversifikasi, investasi yang dimiliki tidak akan hilang ketika harga salah satu instrumen investasi terus turun.

Namun kunci yang paling utama adalah tekun dan berkomitmen melakukan perencanaan keuangan. Perencanaan yang tidak diikuti dengan ketekunan bisa membuat rencana jadi miliuner ketika pensiun gagal.

Jadi Miliuner Ketika Pensiun, Mungkinkah?Foto: Infografis/Tips Kelola Keuangan/Arie Pratama


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading