Huawei Dikabarkan Kapalkan 1 Juta Ponsel Dengan OS HongMeng

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 June 2019 - 20:26
Huawei Dikabarkan Kapalkan 1 Juta Ponsel Dengan OS HongMeng Foto: Huawei (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei Technologies Co bergerak cepat untuk segera meluncurkan sistem operasi (OS) buatan sendirinya sebagai ganti Google Android yang diberi nama HongMeng. Huawei dilaporkan sudah mengkapalkan 1 juta smartphone dengan OS HongMeng.

Informasi ini dilaporkan oleh Roosenblatt Securites. Dalam laporan perusahaan dikabarkan bisa kompartible dengan semua aplikasi Android dan telah 'meningkatkan fungsi security untuk melindungi data pribadi," seperti dikutip dari China Daily, Selasa (11/6/2019).

Sebelumnya, Yu Chengdong CEO kelompok bisnis konsumen Huawei mengatakan sistem operasi mandiri ini akan tersedia paling cepat pada musim gugur ini atau paling lambat musim semi mendatang.


Sistem operasi akan mendukung ponsel, komputer, tablet, televisi, mobil, dan perangkat pintar yang dapat dipakai, kata Yu Chengdong dalam sebuah grup WeChat yang melibatkan beberapa pakar internet.

HongMeng adalah sistem operasi yang dikembangkan Huawei sejak 2015. OS ini akan menjadi jalan keluar Huawei karena Google akan berhenti mengirimkan update ke ponsel Huawei pertengahan Agustus lalu. Google juga tak akan mensertifikasi Android yang digunakan ponsel Huawei.

Hal ini dampak dari dimasukkannya Huawei dalam daftar hitam (blacklist). Aturan ini melarang perusahaan AS untuk berbisnis dengan Huawei tanpa lisensi pemerintah AS. Departemen Perdagang AS juga bisa memblokir akuisisi Huawei pada perusahaan AS.

Simak video tentang Huawei di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading