Facebook & Google Dituding Manipulasi Perilaku Pengguna

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 June 2019 17:22
Facebook & Google Dituding Manipulasi Perilaku Pengguna
Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa teknologi Facebook dan Google mendapat kritikan tajam dari salah satu investor awal Facebook. Kedua raksasa teknologi ini dituding melakukan manipulasi perilaku penggunanya seperti yang dilakukan pemerintah China.

Investor awal Facebook Roger McNamee menyebut Facebook dan Google mengumpulkan data pengguna kemudian dengan data yang ada berusaha untuk mengarahkan pilihan penggunanya, persis seperti yang dilakukan China.


"Mereka melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh china. Orang China memiliki strategi yang sangat fokus dalam teknologi. Mereka benar-benar fokus pada apa yang mereka sebut kredit sosial, yang merupakan manipulasi perilaku yang dirancang untuk membuat warga Tiongkok melakukan apa yang pemerintah inginkan," ujar Roger McNamee seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (11/6/2019).


Roger McNamee mengatakan pemerintah AS perlu membatasi Facebook dan Google atas kepemilikan data pengguna dan fokus untuk membuat Undang-Undang antimonopoli.

Facebook & Google Dituding Manipulasi Perilaku PenggunaFoto: Reuters

"Saya tidak berpikir kita harus bersaing dengan China dalam manipulasi perilaku," katanya. "Saya lebih suka melihat kami menyebarkan peluang dan melakukan apa yang dilakukan AS dengan sangat baik, yang memiliki jutaan startup berbeda."

Facebook dan Google tidak memberikan tanggapan dan komentar atas kritikan tersebut.

Kritikan kepada Facebook dan Google muncul ketika muncul wacana untuk memecah raksasa teknologi tersebut demi membongkar apa yang disebut sebagian orang sebagai monopoli data.

Simak video tentang Google di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading