Sayanora Android! Ponsel Huawei Pakai Harmony OS Mulai April

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 February 2021 20:24
A 3-D printed Android logo is seen in front of a displayed Huawei logo in this illustration picture May 20, 2019. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration Foto: Huawei (REUTERS/Dado Ruvic)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sistem operasi pengganti Android, HarmonyOS akhirnya hadir di perangkat Huawei tepat setelah diluncurkan dua tahun lalu. Perusahaan mengumumkan jika sistem operasi itu akan ada di smartphone pada April mendatang.

Juru Bicara Huawei juga mengonfirmasi ponsel lain yang ada di luar China juga akan bisa mengunduh HarmonyOS. Perangkat pertama yang mendapatkannya adalah ponsel lipat Mate X2 lalu diikuti handset lainnya, dikutip CNBC Internasional, Selasa (22/2/2021).

HarmonyOS ini bermula saat Huawei dijebloskan pada entity list oleh pemerintah AS pada 2019 lalu. Daftar itu membatasi perusahaan AS tidak mengekspor teknologi ke Huawei.


Akibat dari sanksi itu, Google juga memutus hubungan dengan Huawei. Seluruh perangkat Huawei tidak mendapatkan layanan Android.

Sanksi lainnya adalah membuat Huawei tak bisa mengakses pasokan chip penting. Ini juga telah membuat rugi penjualan smartphone Huawei.

Untuk membangkitkan bisnis smartpone, Huawei perlu menemukan sumber pasokan chip. Selain itu dikatakan analis dari Canalyst, Nicole Peng, HarmonyOS juga memegang peran penting mengembalikan bisnis perusahaan.

Huawei mengklaim OS nya ini dapar bekerja lintas perangkat dari smartphone hingga TV. September lalu, perusahaan telah meluncurkan versi kedua dari HarmonyOS dan telah meminta sejumlah pengembang membuat aplikasi di platform tersebut.

Untuk pengguna internasional, Huawei juga melakukan desain ulang antarmuka pada app storenya yang bernama App Gallery. Tujuannya agar meningkatkan fungsi navigasi pada toko aplikasinya.

"Integrasi penelusuran pada AppGallery akan membantu orang menemukan aplikasi," ungkap Peng.

Penggunaan OS di luar China didorong dengan cara Huawei meminta pengguna perangkat untuk memperbarui HarmonyOS. Sebagai informasi, App Gallery sampai saat ini telah digunakan oleh 530 juta pengguna aktif bulanan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading