Fakta-fakta yang Orang Tidak Tahu Soal Gojek, 2 Juta Driver?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
05 April 2019 13:48
Fakta-fakta yang Orang Tidak Tahu Soal Gojek, 2 Juta Driver?
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga riset global, CBInsights dalam laporan terbarunya berjudul 'Global Unicorn Club' menyatakan Gojek memiliki valuasi US$10 miliar. Hal ini merupakan membuat Gojek berhak menyandang status decacorn.

Decacorn adalah julukan bagi startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar atau setara Rp 140 triliun. CBInsights menghitung saat ini baru ada 19 startup decacorn di dunia. Decacorn terbanyak berasal dari AS (Amerika Serikat).


Status bergensi ini sesuai dengan prediksi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang menyebut tahun ini akan ada decacorn dari Indonesia.



Sebelumnya, Asia Tenggara hanya punya satu decacorn yang disandang oleh Grab Holdings. Sekarang ada dua decacorn di Asia Tenggara dan keduanya startup berbagi tumpangan (ride-hailing). CBInsights menghitung Grab Holdings memiliki valuasi US$11 miliar.

Bisnis Gojek memang bertumbuh pesat selama 10 tahun beroperasi. Berdasarkan dokumen elektronik yang didapat CNBC Indonesia, saat ini Gojek telah menangani 3 juta lebih order setiap hari. Pemesanan ini ditangani oleh lebih dari 2 juta driver.

Fakta-fakta yang Orang Tidak Tahu Soal Gojek, 2 Juta Driver?Foto: REUTERS/Darren Whiteside

"[Jumlah] driver ini lebih banyak dari [startup] jasa ride-sharing di India," ujar Gojek dalam dokumen elektroniknya.

Gojek juga mengklaim sudah menjadi superApp di mana menawarkan lebih dari 18 produk dalam satu platform. Gojek juga punya lebih dari 200 engineer yang berada di Bengalore, India.

"Rata-rata kami memproses 35 pesanan per detik. Kami memproses lebih dari 350 juta panggilan internal API per detik," tulis Gojek.

Simak video Gojek jadi Decacorn di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading