10 Tahun Beroperasi, Akhirnya Gojek Jadi 'Decacorn SuperApp'

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
05 April 2019 09:24
10 Tahun Beroperasi, Akhirnya Gojek Jadi 'Decacorn SuperApp'
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam riset terbarunya bertajuk 'The Global Unicorn Club' lembaga riset internasional, CBInsights menyatakan Gojek telah memiliki valuasi US$10 miliar. Artinya Gojek sudah berhak menyandang status decacorn.

Decacorn adalah julukan bagi startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar atau setara Rp 140 triliun. CBInsights menghitung saat ini baru ada 19 startup decacorn di dunia. Decacorn terbanyak berasal dari AS (Amerika Serikat).

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sudah memprediksi bahwa Indonesia akan punya startup decacorn pada tahun 2019 ini. Ternyata Indonesia sepertinya tidak perlu waktu lama untuk menunggu kehadiran startup decacorn.


Pada awal tahun ini, Go-Jek mengumumkan suntikan dana dari Google, JD.com, Tencent, Mitsubishi Corporation hingga Provident Capital. Berdasarkan informasi yang beredar di pasar suntikan dana tersebut bernilai US$920 juta.


Suntikan dana ini merupakan bagian dari pendanaan Seri F putaran pertama. Dari putaran pendanaan ini Go-Jek menargetkan bisa kumpulkan dana sebesar US$2 miliar.

Ketika pendanaan ini ditutup, Techcrunch memperkirakan valuasi Go-Jek sudah mencapai US$9,5 miliar. Saat ini, bisnis Go-Jek meliputi layanan transportasi, pengiriman makanan, hingga pembayaran yang melibatkan banyak transaksi keuangan dan telah menjadi super app.

Ini merupakan langkah biru bagi Go-Jek untuk bisa masuk ke pasar yang baru dan terus mengembangkan perusahaan.

10 tahun beroperasi, Akhirnya Gojek Jadi 'Decacorn SuperApp'Foto: Gojek. (REUTERS/Edgar Su)

Di Vietnam, melalui layanan Go-Viet, Go-Jek menawarkan layanan makanan serta transportasi motor. Sementara itu di Thailand yang menawarkan layanan sepeda motor, Go-Jek memilih layanan mobil di Singapura.

Dengan naiknya valuasi Go-Jek ini maka kini Asia Tenggara punya dua startup decacorn. Satunya lagi adalah Grab Holdings, yang juga jadi kompetitor Go-Jek di bisnis ride-hailing (berbagi tumpangan) Asia Tenggara. CBInsights menghitung valuasi Grab sudah tembus US$11 miliar.

Gojek mendapat gelar decacorn setelah 10 tahun beroperasi di mana sebagian besar dipakai untuk mengeksplorasi pasar Indonesia. Go-Jek oleh didirikan Nadiem Makarim dan teman-temannya pada pada tahun 2010.

Perjalanan pendanaan Gojek

Selama 10 tahun beroperasi, Gojek sudah 9 kali menggelar putaran penggalangan dana. Menurut Crunchbase, sudah 24 investor yang menyuntik Gojek dengan total dana yang dihimpun US$3,1 miliar.

10 tahun beroperasi, Akhirnya Gojek Jadi 'Decacorn SuperApp'Foto: Festival Go-Food di Jakarta, Indonesia, 27 Oktober 2018. Gambar diambil 27 Oktober 2018. REUTERS / Beawiharta

Penggalangan dana Seri A dilakukan Gojek pada 2014 silam. Openspace Ventures dan Capikris Foundation yang jadi investornya. Jumlah suntikan dananya tak diumumkan.

Pada tahun 2015, Gojek membuka pendanaan Seri B. Pada putaran pendanaan Openspace kembali berpartisipasi plus DST Global dan Sequoia Capital India. Nominalnya juga tak diumumkan.

Pada 2016 putaran pendanaan Seri C dilakukan dengan nilai yang tidak disebutkan. Investornya Rakuten, Openspace Ventures.

Masih di tahun 2016, Gojek meluncurkan pencarian dana Seri D dengan nilai yang terkumpul lebih dari US$550 juta. Beberapa investornya DST Global, Northstar Group, Farallon Capital Management, Kohlberg Kravis Roberts, & Co, Warburg Pincus dan Formation Group.

Pada awal 2018, Gojek melakukan penghimpunan dana Seri E dengan total dana yang terkumpul US$1,5 miliar. Investor yang bergabung adalah Via ID, Tencent Holdings, Temasek Holdings, Astra International, Meituan-Dianping, JD.com, Google hingga Blibli.

Pada awal 2019, Gojek menggelar penggalangan dana Seri F tahap pertama. Total dana yang terhimpun US$1 miliar. Deretan investornya Astra Internasional, Tencent Holdings, JD.com dan Google.

Simak video Gojek jadi decacorn di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading