Perkembangan Teknologi

Hadapi Samsung, Apple Siapkan Blue Print Ponsel Layar Lipat

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 February 2019 12:48
Hadapi Samsung, Apple Siapkan Blue Print Ponsel Layar Lipat
Jakarta, CNBC IndonesiaApple Inc selama ini dikenal sebagai produsen smartphone yang minim inovasi. Namun tak berarti produsen iPhone ini tak mempertimbangkan teknologi layar lipat.

The Verge melaporkan, Apple sedang membuat cetak biru (blue print) layar lipatnya. Hal ini terendus dari aplikasi paten yang disampaikan kepada United States Patent and Trademark Office yang dipublikasikan pekan lalu. Aplikasi ini didaftarkan pada Oktober 2018.


Dalam aplikasi paten Apple tersebut digambarkan tampilan Apple yang memiliki engsel yang membuat layar bisa dilipat menjadi dua atau tiga bagian. Layar yang dilipat ini dapat digunakan untuk ponsel, tablet hingga laptop.



"Teknologi ini akan membuat tampilan yang fleksibel agar perangkat elektronik lebih baik," tulis Apple dalam aplikasi tersebut, seperti dikutip Jumat (22/2/2019).

Hadapi Samsung, Apple Siapkan Blue Print Ponsel Layar LipatFoto: Galaxy Lipat baru Samsung yang menampilkan Infinity Flex Display 7,3 inci pertama di dunia yang bekerja dengan jaringan 5G generasi berikutnya terlihat pada gambar ini yang dirilis di San Francisco, California, 20 Februari 2019 di Amerika Serikat. (Samsung/Via Reuters)

Asal tahu saja, kemarin (20/2/2019) Samsung baru saja meluncurkan ponsel layar lipat yang diberi nama Samsung Galaxy Fold. Ponsel ini bisa dibuka sehingga ponsel berukuran 18,5 cm. Galaxy Fold menggadopsi teknologi jaringan 5G dengan harga US$1.980 per unit.

Sebelum Samsung, Ada startup FlexPai yang telah meluncurkan ponsel layar lipat. Startup asal China ini membuat ponsel yang dapat berubah menjadi tablet berukuran sebesar iPad mini dan dijual seharga US$1.318 per unit.

Huawei dan Xiaomi juga dikabarkan sedang memproduksi ponsel berlayar lipat. CNBC International sebelumnya melaporkan Apple akan merilis iPhone layar lipat pada 2020.


Saksikan video tentang peluncuran Samsung Galaxy S10 & Fold di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading