iPhone Layar Lipat Dikabarkan Rilis Tahun Depan, Pakai 5G?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 May 2021 10:25
Ilustrasi Apple. (AP/Andy Wong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple kemungkinan akan membuat gebrakan dengan meluncurkan iPhone lipat tak lama lagi. Menurut seorang analisis, inovasi tersebut akan hadir di publik pada 2023 mendatang.

Prediksi ini datang dari analis TFI Securities, Ming-Chi Kuo berdasarkan survey industri. Dia meyakini dua tahun lagi, perangkat lipat Apple itu akan tersedia 15 hingga 20 juta unit.

iPhone lipat itu akan memiliki bentang layar seluas 8 inci foldable OLED Display. Dengan begitu, ponsel tersebut aka n lebih besar dari iPad Mini berukur 7,9 inci saat layarnya dibuka.


Menurut Ming-Chi Kuo, Apple siap untuk memimpin tren perangkat lipat nantinya. Raksasa teknologi itu akan mengaburkan segmentasi antar smartphone, tablet dan laptop, dikutip dari laman CNBC Internasional, Selasa (4/5/2021).

Sayangnya belum ada konfirmasi terkait kabar tersebut. Juru bicara Apple tidak segera ada untuk berkomentar pernyataan Ming-Chi Kuo.

Sementara itu, Ming-Chi Kuo mengatakan perangkat lipat jadi yang harus dimiliki oleh brand smartphone besar. "Setelah 5G, smartphone lipat jadi titik penjualan inovatif model high-end," jelasnya.

Jika kabar itu benar, Apple akan tertinggal cukup jauh dari kompetitornya. Sebab Samsung, Huawei dan Xiaomi sudah mulai memperkenalkan ponsel lipat buatan sendiri sejak beberapa tahun terakhir.

Meski begitu, perangkat lipat tersebut cukup mahal dan relatif sulit diakses oleh kebanyakan konsumen.

Misalnya saja, Galaxy Fold yang menandai debut Samsung di pasar smartphone lipat. Dirilis tahun 2019 lalu, ponsel tersebut dijual seharga Rp30,888 jutaan saat hadir di Indonesia.

Galaxy Fold memiliki dua layar secara keseluruhan. Layar depannya berukur 4,6 inci dan saat dibuka akan terbentang layar 7,3 inci.

Sementara itu Huawei juga memiliki Mate X di tahun yang sama. Pada bagian luarnya terdapat layar 6,6 inci dan di agian dalam berubah menjadi layar 8 inci layaknya sebuah tablet.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading