Kamu Kini Bisa Perbaiki Sendiri Apple iPhone Rusak

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 April 2022 11:05
FILE PHOTO: An Apple logo is seen on the building's facade as activists from the anti-globalisation organisation Attac hold the protest against alleged tax evasion by Apple company in front of an Apple store in Frankfurt, Germany, March 10, 2018. REUTERS/Ralph Orlowski/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar baik bagi pengguna iPhone. Sebab Apple baru saja membuat kebijakan untuk pemilik ponselnya bisa melakukan perbaikan sendiri.

Untuk sekarang toko online Self Service Repair dibuka di Amerika Serikat (AS). Langkah ini menyusul gerakan 'hak untuk memperbaiki' telah menekan regulator setempat memberi konsumen lebih banyak kendali akan produknya.

Berikutnya Apple akan membuka toko tersebut ke negara lain. Dimulai dari wilayah Eropa pada akhir tahun 2022 ini, dikutip dari CNBC Internasional, Kamis (28/4/2022).


Program tersebut menawarkan lebih dari 200 suku cadang serta alat yang bisa digunakan untuk memperbaiki iPhone, yakni iPhone 12, iPhone 13 serta iPhone SE generasi ketiga.

Beberapa yang bisa diperbaiki sendiri adalah layar, baterai serta kamera. Biaya suku cadang sama serta identik dengan yang dapat diakses oleh para penyedia perbaikan resmi dari Apple.

Perbaikan mandiri ini juga tak hanya menyasar pada iPhone. Sebab Apple akan membuka program yang mencakup manual, suku cadang serta alat untuk memperbaiki Mac pada akhir tahun.

Toko online ini dijalankan oleh pihak ketiga. Bagi yang ingin menyewa alat selama seminggu akan dibebankan biaya US$49, serta dalam beberapa kasus bisa mendapatkan kredit mengembalikan suku cadang yang diganti untuk didaur ulang.

Meski begitu, Apple masih mendorong pengguna untuk mengunjungi teknisi bersertifikat dengan suku cadang asli dari perusahaan. Sebab hal tersebut masih disebut sebagai 'cara teraman dan paling bisa diandalkan untuk mendapatkan perbaikan' bagi 'sebagian besar pelanggan yang tidak memiliki pengalaman memperbaiki perangkat'.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

iPhone Buat Fitur Face ID Baru, Buka Ponsel dengan Masker


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading