Samsung Raja HP Dunia, Apple iPhone & Xiaomi Cuma Jadi Selir

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 April 2022 12:20
Warga membeli kartu perdana di ITC ROXY MAS, Jakarta, Selasa (2/2/2021). Aturan pajak penyelenggara jasa telekomunikasi mulai di berlakukan namun aturan itu tidak terdampak pada pembelian pulsa, kartu perdana atau token listrik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) 
Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, ketentuan pajak pulsa yang mulai berlaku (1/2/2021) bertujuan menyederhanakan pengenaan PPN dan PPH atas pulsa atau kartu perdana, token listrik dan voucer serta untuk memberikan kepstian hukum.   (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Canalys mencatat pengiriman smartphone seluruh dunia mengalami penurunan. Dalam laporan terbaru, merosot hingga 11% pada kuartal I-2022.

Penurunan pengiriman itu disebutkan Canalys di tengah kondisi ekonomi yang tidak menguntungkan. Selain itu permintaan musiman yang lesu pada kuartal pertama tahun 2022 ini.

Ada juga faktor perang Rusia dan Ukraina serta ancaman Covid-19 sepanjang awal tahun ini yang mempengaruhi pasar, ungkap VP Mobility Canalys, Nicole Peng.


"Pasar smartphone global tertahan oleh lingkungan bisnis yang tidak menentu di kuartal I," jelasnya dikutip dari laman resmi Canalys, Rabu (20/4/2022).

"Pasar melihat lonjakan kasus Covid-19 karena omicron, meskipun rawat inap minimal dan tingkat vaksinasi yang tinggi membantu menormalkan aktivitas konsumen dengan cepat."

"Vendor menghadapi ketidakpastian karena perang Rusia-Ukraina, lockdown bergilir China, dan ancaman inflasi. Semua ini menambah permintaan musiman yang secara tradisional melambat".

Dia menambahkan para vendor smartphone harus melengkapi diri untuk merespon cepat peluang dan risiko yang ada. Namun tetap berfokus pada rencana strategi jangka panjang perusahaan.

Di sisi lain ada kabar baik yang disampaikan Canalys. Yakni terkait masalah kekurangan komponen, keadaannya membaik lebih cepat.

"Kabar baiknya adalah bahwa kekurangan komponen yang menyakitkan mungkin membaik lebih cepat dari yang diharapkan, tentunya akan membantu meringankan tekanan biaya," kata Nicolas Peng.

Raja Smartphone Dunia Saat Pengiriman Menurun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading