8 Tahun Lalu, Apple iMessage Nyaris Hadir di Ponsel Android

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 April 2021 19:33
FILE PHOTO: A man looks at the screen of his mobile phone in front of an Apple logo outside its store in Shanghai, China on July 30, 2017.   REUTERS/Aly Song/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Di masa lalu ada kemungkinan pengguna Android bisa menggunakan iMessage. Sebab sekitar delapan tahun lalu salah satu petinggi Apple pernah memiliki rencana untuk memperluas layanan pesan instan bukan hanya untuk iOS saja.

Eddy Cue, yang saat ini menjabat sebagai Senior VP of Software and Services Apple, pernah mendorong membawa iMessage ke Android awal 2013. Dia menginginkan seluruh tim mendukung iMessage hadir di kompetitornya itu.

Namun sayang, rencana itu ditolak oleh para eksekutif Apple lain, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (28/4/2021). Informasi ini muncul dari publikasi deposisi pada kasus Apple dengan Epic Games.


Garis pertanyaan mungkin akan memainkan peran penting pada gugatan tersebut, yang menyatakan eksklusivitas app store mewaili kekuatan pasar yang ilegal. Epic juga telah menjelaskan jika berencana membuat iMessage ekslusif sebagai bagian dari argumen tersebut.

Perusahaan mengutip email Phil Schiller dari Apple pada 2016. Dia mengatakan jika ekspansi iMessages akan merugikan Apple daripada membantunya.

Deposisi itu memuat percakapan antara Eddy Cue dan Craig Federighi. Nama terakhir saat ini menjabat sebagai SVP of Siftware Engineering Apple.

Email itu tertanda tanggal 7 dan 8 April 2013, terjadi tak lama setelah berita Google ingin membeli WhatsApp senilai US$1 miliar.

Dari rumor tersebut membuat Eddy Cue menilai iMessage harus diperluas jangkauan penggunanya. Dengan begitu dapat memperkuat Apple dalam platform pesan instan.

Namun Craig Federighi menyuarakan menolak rencana itu. Dia mempertanyakan cara membuat pengguna Android berpindah dari WhatsApp ke iMessage.

"Saya khawatir iMessage di Android hanya berfungsi untuk menghilangkan hambatan keluar iPhone yang memberikan ponsel Android pada anak-anaknya," tulis Craig Federighi yang terungkap dalam deposisi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading