Nah Loh, Fitur Edit di iMessage iOS 16 Diprotes

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 June 2022 13:20
Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple Craig Federighi berbicara tentang fitur perangkat lunak baru di iOS 16 dalam gambar diam ini dari video utama yang memulai WWDC22 di Cupertino, California, AS yang dirilis 6 Juni 2022.. (via REUTERS/APPLE INC)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama sejak diperkenalkan, fitur edit iMessage di iOS 16 diprotes. Pengacara Michelle Simpson Tuegel membagikan surat terbuka yang meminta CEO Apple Tim Cook untuk memikirkan kembali pembaruan tersebut.

Kemampuan untuk mengedit dan menghapus pesan bukan konsep baru, karena ada pilihan pada platform pesan lain. Sementara, iMessage merupakan platform pesan default iPhone jadi menurutnya punya peran penting untuk pengguna berkomunikasi.

Tuegel menjelaskan kekhawatirannya fitur itu bisa berdampak signifikan pada korban kekerasan mengalami pelecehan dan intimidasi. Sebab pelaku bisa menghancurkan bukti pelanggaran yang telah dikirimkan, dikutip 9to5Mac, Senin (20/6/2022).


Sebagai informasi, Apple memberikan waktu hingga 15 menit untuk pesan yang telah dikirim dapat diedit atau dihapus. Tuegel membagikan contoh pelaku bisa mengirimkan konten berbahaya pada korbannya dan mengeditnya dalam jangka waktu itu untuk menyembunyikan penyalahgunaan tersebut.

Penting untuk dicatat pula, dalam waktu 15 menit pesan dapat diedit beberapa kali. Menurut Tuegel, menjadi tidak adil untuk mengandalkan korban melakukan screenshot pesan-pesan tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Masih ada waktu sebelum iOS 16 dirilis kepada publik. Jadi Tuegel meminta perusahaan bisa memberikan solusi untuk membantu korban dan mengurangi kerugian yang bisa dilakukan dengan fitur edit dan hapus tersebut.

Dia meminta Apple dapat mengubah jangka waktu menghapus atau mengedit pesan dari 15 menit menjadi dua menit. Pelaku lebih mungkin menyadari ada risiko lebih besar jika waktu edit diberikan lebih singkat, termasuk juga ragu untuk bisa menghapusnya tepat waktu.

Laman 9to5Mac melaporkan pengguna akan diberitahu jika pengirim telah mengedit atau membatalkan pesan. Namun tidak tahu isi pesan itu sebelum diedit atau dihapus. Dilaporkan juga penerima yang tidak menggunakan iOS 16 akan tetap melihat pesan aslinya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kenapa Warga Amerika Serikat Jarang Pakai WhatsApp?


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading