Duh! iMac dan iPad Berpotensi Langka di Pasaran

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 April 2021 12:45
A line of new iPad Pros stands ready for demos during an Apple launch event in the Brooklyn borough of New York, U.S., October 30, 2018. REUTERS/Shannon Stapleton

Jakarta, CNBC Indonesia - Kelangkaan chip mengakibatkan produksi iPad dan iMac akan tertunda selama beberapa bulan ke depan. CEO Apple, Tim Cook mengonfirmasi masalah tersebut saat laporan pendapatan kuartal perusahaan.

Menurutnya, gangguan pasokan khususnya berdampak ada chip 'node lama' perusahaan.

"Sebagian besar masalah kami adalah pemberian lisensi node lama, yang pada banyak orang berbeda tidak hanya untuk industri yang sama, namun lintas industri lain yang menggunakan node lama," kata Tim Cook, dikutip dari Business Insider, Jumat (30/4/2021).


Chip yang terkena dampak menggunakan jalur yang sama dengan pembuat mobil dan perusahaan teknologi lain yang berebut mendapatkan semikonduktor chip.

Sebagai informasi, chip komputer digunakan dalam sejumlah barang. Misalnya mobil, televisi, sistem gaming, dan peralatan rumah tangga yang permintaannya meningkat akibat kegiatan work from home selama Covid-19.

Sebenarnya, Apple diramal jadi salah satu perusahaan yang tidak terdampak masalah ini. Tim Cook juga mengatakan perusahaan masih bisa menghindari dampak kelangkaan tersebut pada kuartal sebelumnya.

Sayangnya hal itu tidak bertahan lama. Sebab pasokan chip yang aman terjadi sebelum Apple mulai memproduksi chip buatan sendiri tahun lalu.

Sementara sejumlah produk lainnya masih menggunakan chip komputer bertenaga tinggi yang tidak terpengaruh oleh masalah kelangkaan.

Kekurangan chip ini akan berdampak pada pendapatan Apple. Dikatakan kepala keuangan perusahaan, Luca Maestri, kemungkinan akan berkisar US$3-4 miliar (Rp43,3-57,7 triliun).

"Ini merupakan kombinasi dari permintaan yang tinggi yang dilihat dari iPad dan iMac," kata dia.

Banyaknya aktivitas di rumah saja selama pandemi, juga mendorong penjualan iMac. Menurut Maestri, iMac memiliki penjual tertinggi selama tiga kuartal terakhir dalam sejarahnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading