Startup

Eks Bos BI Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama Tokopedia

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 January 2019 06:00
Eks Bos BI Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama Tokopedia
Jakarta, CNBC Indonesia - Agus Martowardojo kini punya jabatan baru. Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini mendapat mandat baru sebagai komisaris utama dari e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia.

CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan Agus Marto merupakan sosok berpengalaman dan cocok membina Tokopedia untuk menjadi perusahaan kelas dunia.



"Kehadiran Pak Agus akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10 mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital," kata William dalam keterangan resmi, Rabu (9/1/2019).


Dia menjelaskan Agus kini bergabung dengan Tokopedia ketika perusahaan teknologi terdepan di Indonesia ini memasuki fase pertumbuhan baru dan tengah mengembangkan ekosistemnya menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) untuk memberdayakan dan memperkuat perekonomian Indonesia secara inklusif, baik online maupun offline.

Eks Bos BI Agus Martowardojo Jadi Komisaris Utama TokopediaFoto: REUTERS/Yuri Gripas

Komisaris Utama Tokopedia Agus Martowardojo mengungkapkan Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat teknologi sehingga ekonomi Indonesia bisa tumbuh secara kuat, seimbang, dan berkesinambungan.

"Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan mengontribusikan pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang inklusif," kata Agus.



Menjadi komisaris perusahaan startup mungkin hal yang baru bagi Agus Martowardojo. Maklum, Agus lebih dikenal sebagai seorang bankir handal dan teknokrat. Agus membangun karir awalnya di Citibank dan Bank Niaga.

Agus kemudian melanjutkan karirnya di Bank Permata dengan posisi tertinggi sebagai direktur utama. Selanjutnya Agus Martowardojo hijrah ke Bank Mandiri. Di bank plat merah ini Agus berhasil menjadi orang nomor satu. Ia juga pernah menjabat sebagai menteri keuangan sebelum menduduki posisi BI 1.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading