Perkembangan Teknologi

Standarisasi Rampung, Bersiap Nikmati Layanan 5G Super Cepat

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 June 2018 18:47
Standarisasi Rampung, Bersiap Nikmati Layanan 5G Super Cepat
Jakarta, CNBC Indonesia - Teknologi nirkabel 5G sudah lama dibicarakan. Tetapi kini, standarisasinya sudah dirampungkan.

Awal pekan ini, kelompok internasional yang mengatur standar selular atau bisa disebut 3GPP telah mendantangani spesifikasi mandiri 5G New Radio (NR). Ini merupakan langkah besar menuju jaringan seluler generasi selanjutnya yang menjadi kenyataan. 3GPP butuh waktu tiga tahun untuk merumuskan standarisasi ini.

Aturan pra-strandard telah dirilis akhir tahun lalu yang memungkinkan industri telekomunikasi melakukan peluncuran dan ujicoba. Spesifikasi ini akan dibangun di atas jaringan LTE lama yang ada. Dengan standarisasi baru ini versi mandiri 5G diperbolehkan yang memungkinkan penyebaran 5G di tempat-tempat yang belum tentu memiliki infrastruktur memadai, seperti dilansir dari The Verge, Jumat (15/6/2018).


"Spesifikasi Sistem 5G kini telah resmi mencapai tahap penyelesaian, berkat upaya intens ratusan insinyur selama tiga tahun terakhir," kata Erik Guttman, Ketua 3GPP seperti dikutip dari Tech Radar. "Sistem 5G membuka jalan untuk komersialisasi layanan berdasarkan New Radio dan Jaringan Inti 5G serta kemampuan canggih yang dapat dikembangkan."

"Sistem baru menyediakan landasan untuk spesialisasi yang sedang berlangsung guna mendukung sektor bisnis baru, karena tidak seperti 4G dan generasi sebelumnya, 5G mendukung persyaratan yang sangat spesifik dan karakteristik layanan individual dari beragam komunikasi. Kegiatan 3GPP telah mulai memanfaatkan sistem 5G untuk merealisasikan peluang di berbagai bidang seperti otomasi industri. "

Layanan 5G komersial pertama diharapkan mulai beroperasi tahun depan, memungkinkan kecepatan ultra cepat, kapasitas tinggi dan latensi rendah untuk broadband bergerak, akses nirkabel tetap (FWA) broadband dan rakit aplikasi baru seperti Industrial Internet of Things (IIoT) dan kendaraan yang terhubung.

Namun aspek yang lebih revolusioner kemungkinan akan diaktifkan setelah operator mengkonfigurasi ulang jaringan inti mereka menjadi lebih berbasis software. Ini akan memungkinkan mereka untuk memindahkan fungsi di sekitar jaringan mereka, lebih dekat ke pelanggan, dan memungkinkan untuk latensi ultra-rendah.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading