Innocreativation 2018

Tips Gaet Investor Bagi Startup dari Bos CT Corp & Bukalapak

Entrepreneur - Roy Franedya, CNBC Indonesia
14 November 2018 12:26
Tips Gaet Investor Bagi Startup dari Bos CT Corp & Bukalapak
Jakarta, CNBC Indonesia - Startup merupakan bisnis masa depan. Banyak anak muda sekarang memilih mendirikan startup ketimbang menjadi pekerja kantoran.

Untuk berkembang startup selalu membutuhkan suntikan modal dari investor. Maklum pada tahap awal bisnis digratiskan sembari mencari model bisnis yang paling cocok.

Mendapatkan suntikan modal dari investor juga dianggap sebagai salah satu prestasi bagi para pelaku startup. Banyak startup lebih tertarik untuk mencari dana dari investor ketimbang dari pasar modal.


Pendiri e-commerce Bukalapak Achmad Zaky punya tips bagi milenial untuk mendapatkan investor buat kembangkan startup.

Menurut Achmad Zaky, para pelaku startup tidak perlu memikirkan suntikan dana dari investor. Para pegiat startup harusnya memilikirkan model bisnis terlebih dahulu dan menciptkana pendapatan (revenue) yang berkelanjutan.

"Jangan pikirkan investor, pikirkan bisnis dulu. Ada revenue atau tidak," ujar Achmad Zaky pada acara Innocreativation di Surabaya, Rabu (14/11/2018).

Achmad Zaky menambahkan investor berorientasi pada angka, mencari bisnis yang sedang bertumbuh. Bila bisnis tak bertumbuh maka investor tidak melirik. "Bikin produk yang bagus dulu nanti pendanaan investor akan datang dengan sendirinya," tambah Achmad Zaky.

Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengatakan saat ini ada lelucon diantara para ahli di Amerika Serikat. Mereka menyebut saat ini startup ibarat skema ponzi sebab sering sekali valuasi startup meningkat meski rugi.

"Kembangkan startup jangan pikirkan investor dulu. Bikin produk bagus dan buktikan dulu bisnis ini memang menjanjikan dan berkembang," terangnya.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading