3 Sifat Elon Musk-Jeff Bezos yang Jadi Kunci Sukses Bisnis

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 September 2018 19:31
Ini 3 sifat orang sukses seperti Jeff Bezos dan Elon Musk yang tidak biasa.
Jakarta, CNBC Indonesia- Gairah, fokus, dan kerja keras. Kedengarannya seperti resep untuk sukses yang klise, bukan? Tapi, melakoni jauh lebih susah dari sekedar mengucapkan. Begitu setidaknya yang ditulis oleh penulis dan pakar pengelola kekayaan Robert Frank, dilansir dari CNBC Make It, Rabu (26/9/2018).

Dua dekade mempelajari gaya hidup para pengusaha kaya dunia, Frank mengidentifikasi ada 3 ciri atau sifat yang tidak biasa dan serupa di para pendiri bisnis raksasa dunia seperti Jeff Bezos dan Elon Musk, dan sangat jauh dari ciri yang klise.




"Saya memiliki tiga hal yang saya temukan sangat penting, dan itu bukan hal yang biasa orang katakan, "kata Frank saat berbicara kepada Jon Fortt dari CNBC.

Lantas, apa saja sifatnya dan bagaimana Anda bisa meniru mereka? Berikut adalah paparannya dilansir CNBC Make It.

Cuek
Pertama, para pendiri top sangat cuek terhadap masalah yang ingin mereka selesaikan, kata Frank. Itu berarti mereka berpikir out of the box dan tidak terpengaruh oleh kegagalan mereka yang telah mencoba sebelumnya.

"Alasan Jeff Bezos menciptakan kembali ritel adalah karena dia tidak mulai di Macy's. Alasan bahwa Elon Musk telah menemukan kembali mobil adalah karena dia tidak memulai di GM (General Motors)," kata Frank.

Frank mengatakan bahwa para pendiri itu mengatakan bahwa untuk menciptakan kembali industri mereka dan memulainya mereka sama sekali tidak tahu apa yang bisa dilakukan dalam industri tersebut.

Obsesivitas

Selanjutnya, mereka terobsesi dengan ide mereka dan terlepas dari apa yang dikatakan orang lain.

"Ketika Anda memiliki ide dan Anda melihat visi untuk gagasan itu, semua orang akan mengatakan kepada Anda bahwa itu adalah gagasan yang salah. Jika mereka mengatakan sebaliknya, Anda tahu itu tidak akan menjadi gagasan yang menang," jelas Frank.

Tapi itu dedikasi mutlak di tengah kesulitan yang membuat mereka fokus dan memungkinkan mereka mencapai tujuan akhir. "Orang-orang ini terkenal merujuk pada kepribadian kompulsif yang hampir obsesif. Dimana ketika mereka mencapai sesuatu, mereka tidak bisa membiarkannya pergi," ucap dia.

Keinginan untuk melakukan sesuatu secara berbeda

Akhirnya, dan mungkin yang paling penting, mereka benar-benar ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Banyak dari para pendiri diatas mereka melihat dan mencoba untuk mencari tahu bagaimana bisa melakukannya secara berbeda.

Apakah itu secangkir kopi atau apa pun yang mereka lakukan, mereka selalu mencari cara lain untuk melakukannya. Itu belum tentu sesuatu yang bisa dipelajari atau dipraktekkan.

"Hanya ada beberapa orang yang secara alami seperti itu. Mereka seperti, bagaimana lagi kamu bisa melakukan ini?" kata Frank.

Dia menambahkan bahwa para pendiri yang benar-benar sukses memiliki kesediaan total untuk berinvestasi dalam tujuan akhir mereka terlepas dari risikonya.

"Hal yang memisahkan pengusaha dari orang lain hanyalah daya tahan yang luar biasa atau kemampuan untuk menyerap risiko," kata Galloway, yang buku terlaris New York Times mengeksplorasi karakteristik yang menyatukan perusahaan teknologi terkemuka di dunia Apple, Amazon, Facebook, dan Google.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading