Internasional

Cara LeBron James Jadi Miliuner: Pindah ke Lakers!

Entrepreneur - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 July 2018 15:28
LeBron James pindah ke LA Lakers untuk membesarkan bisnis dan citra diri.
Jakarta, CNBC Indonesia - Empat tahun lalu dalam cerita sampul majalah GQ, LeBron James bercerita tentang ambisinya untuk menjadi miliuner. Kini ambisi tersebut selangkah lagi menjadi kenyataan setelah memutuskan pindah ke klub Los Angeles (LA) Lakers.

Kepindahan King James diumumkan pada Minggu malam (1/7/2018) melalui Instagram agennya. LeBron setuju pindah dengan kontrak empat tahun senilai US$154 juta (Rp 2,2 triliun).


LeBron James sebenarnya bisa mendapatkan kontrak yang lebih besar jika bertahan di klub Cleveland Cavaliers.


Klub lamanya ini memegang lisensi penuh "Bird Rights" LeBron James. Artinya dia bisa menandatangani kontrak maksimal lima tahun dengan kenaikan pendapatan 7,5% per tahun. Dengan kesepakatan ini LeBron James bisa menandatangani kontrak lima tahun US$205 juta (Rp 2,95 triliun).

Tapi King James menolak. Sebab, kepindahan ke Los Angeles membuka peluang bisnis baru baginya dan membuatnya berstatus superstar global yang lebih besar jika ia dapat mengembalikan LA Lakers kembali ke jalur juara. Lima tahun terakhir jadi musim yang buruk bagi LA Lakers karena peringkatnya melorot.

James mungkin telah memaksimalkan nilai citra dan potensi pendapatannya dari lapangan ketika bermain untuk Cleveland Cavaliers dan kembali ke Miami Heat untuk membawa klub Basket ini menjadi Juara setelah menunggu 52 tahun.

Tapi ia sadar, LA Lakers merupakan waralaba NBA paling bergensi dan waralaba global dengan 16 gelar juara dan kumpulan bintang besar seperti: Wilt, Kareem, Magic, Shaq, dan Kobe. Sebentar lagi James akan masuk daftar. Bergabungnya LeBron James ke LA Lakers akan meningkatkan peluang bisnisnya dan citra dirinya.

Mengutip Forbes, dua tahun lalu pendapatan James diperkirakan US$275 juta, tetapi ia mendapatkan tambahan pendapatan lain US$170 juta termasuk dari endorsement. Dari tahun 2013, sejak terjun sebagai pebasket profesional, ia telah memiliki kekayaan US$750 juta.

Dalam pernyataan yang dipublikasikan agennya disebutkan bahwa James berpendapat Lakers memberinya platform yang lebih luas untuk kepentingan bisnis dan aktivitas sosialnya, CNBC International melaporkan.

James memiliki kepentingan bisnis di Los Angeles melalui perusahaan produksinya, SpringHill Entertainment, yang telah menyiarkan acara TV seperti "The Wall" dan "Survivor's Remorse" dan sedang mengerjakan pembuatan kembali film 1990 "House Party." Perusahaan media besutannya telah mendapatkan investasi US$15,8 juta dari Time Warner pada tahun 2015.

LA Lakers memang di posisi favorit untuk meminang James karena potensi pendapatan US$62 juta. LeBron James juga memiliki rumah di Los Angeles yang meningkatkan spekulasi alasan kepindahan.

Sekarang James akan belajar untuk jadi superstar lapangan basket yang bertansformasi menjadi pengusaha seperti Magic Johnson. Ia merupakan Presiden operasional Lakers, yang telah menikmati tiga dekade kesuksesan dalam bisnis real estat, ritel, olahraga, dan banyak lagi.

LeBron James memang akan tetap jadi bintang NBA di klub manapun dia berlabuh. Dia masih di puncak permainan pada usia 33 tahun dan tambahan pendapatan lebih dari US$50 juta per tahun melalui kesepakatan dengan Nike, Coca-Cola, Beats, Kia, Intel, dan Blaze Pizza. LeBron James juga seorang investor dan terwaralaba di Blaze Pizza.



(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading