Danai Pengusaha Wanita, Goldman Siapkan Dana Rp 6,95 T

Entrepreneur - Roy Franedya, CNBC Indonesia
20 June 2018 10:39
Pada 2017 hanya 2% modal ventura AS yang danai perusahaan milik perempuan
Jakarta, CNBC Indonesia - Goldman Sachs Group Inc menyiapkan dana sebesar US$500 juta atau setara Rp 6,95 triliun (asumsi US$1 = Rp 13.900) untuk diinvestasikan ke perusahaan yang didirikan, dimiliki, dan dipimpin perempuan. Langkah ini untuk menutup kesenjangan gender dalam investasi.

Ini merupakan program kedua dari Goldman Sachs yang ditujukan bagi wirausahawan wanita, juga akan membantu klien berinvestasi secara langsung di perusahaan pribadi yang sedang berkembang atau menyediakan modal awal bagi para wanita yang memulai dana mereka sendiri.


"Intinya, ini masuk akal untuk bisnis kami - karena investasi dan membantu perusahaan tumbuh adalah bisnis kami," Stephanie Cohen, kepala strategi perencana Goldman Sachs, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Kami juga berharap itu membuat perbedaan bagi perempuan yang memiliki ide-ide besar tetapi menemukan diri mereka terputus dari ekosistem pendanaan."


Cohen mengutip statistik yang menunjukkan bahwa pada 2017 hanya 2% modal ventura AS yang danai perusahaan milik wanita dan hanya 12% pendanaan yang mengalir ke tim dengan setidaknya satu wanita. Kurang dari 2% perusahaan private equity AS milik perempuan.

Mengutip Reuters, program yang disebut "Launch With GS," merupakan program kedua Goldman Sach yang berkaitan dengan pendanaan untuk wanita. Pada 2008, Goldman Sach meluncurkan program "10.000 Women" yang menyediakan akses modal dan pendidikan bisnis untuk wanita di negara berkembang. Pendidikan online ditambahkan pada bulan Mei lalu.




(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading