Tips Hadapi Pertanyaan Canggung Soal Pekerjaan Saat Lebaran

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
13 June 2018 12:33
Tips Hadapi Pertanyaan Canggung Soal Pekerjaan Saat Lebaran
Jakarta, CNBC Indonesia- Banyak orang dengan bangga membicarakan soal profesinya. Namun sebagian orang merasa kurang percaya diri saat berbicara soal pekerjaan, apalagi jika ia baru mulai berkarier.

Ketika Lebaran, tak jarang orangtua atau saudara jauh bertanya-tanya mengenai pekerjaan Anda saat ini. Tak perlu merasa canggung, begini tips menghadapi pertanyaan soal pekerjaan saat silaturahmi di momen Hari Raya yang diberikan oleh LinkedIn.




Pertanyaan 1: "Apa pekerjaan kamu sekarang?"

Tips menjawabnya: Cukup jelaskan dengan kata-kata yang sederhana. Ketika pekerjaan Anda tidak mudah dimengerti orangtua, coba saja jelaskan dengan kalimat simpel. Misalnya saja Anda seorang pengembang aplikasi di sebuah studio game.

Coba jawab dengan kalimat, 'Saya membangun dan merancang games sehingga orang-orang seperti saya dan kamu dapat menikmati bermain games di smartphone'. Tidak perlu merasa kesal, ingat saja kalau keluarga memang peduli dan ingin mengetahui kemajuan serta pengembangan karier Anda.

Pertanyaan 2: "Mengapa tidak pindah ke perusahaan yang lebih baik?"

Tips menjawabnya: Mungkin sulit untuk menjelaskan karier ketika tidak berada di bidang yang umum. Generasi orangtua akan lebih familier pada jenis profesi seperti insinyur, pengacara, dan dokter. Dalam menjelaskannya, mulailah dengan menyampaikan alasan mengapa memilih profesi yang Anda jalani sekarang.

Jika profesi seorang koki, bantu mereka memahaminya bagaimana Anda merasa bahagia menjalankan pekerjaan sekarang. Anda bisa bercerita tentang prestasi diri sendiri yang dapat menginspirasi mereka. Ingatkan mereka kalau mendapatkan gaji tinggi bukan satu-satunya cara untuk menjadi sukses. Berdasarkan survei LinkedIn, lebih dari 74% responden profesional Indonesia setuju kalau orang sukses itu berarti punya pekerjaan yang membuatnya bahagia.

Pertanyaan 3: "Apakah gaji kamu besar?"

Tips menjawabnya: Mungkin pertanyaan ini akan menjadi sangat canggung bahkan jika konteksnya bercanda. Tidak perlu dimasukkan ke dalam hati, cukup jawab dengan senyum. Lalu katakan kalau Anda menyukai pekerjaan saat ini dan bisa berkembang lebih baik karena banyak peningkatan karier yang ditawarkan perusahaan.

Pertanyaan 4: "Apa jabatan kamu sekarang?"

Ini bisa menjadi pertanyaan yang mengintimidasi terutama jika Anda baru saja memasuki dunia kerja. Sementara beberapa kerabat cenderung memiliki harapan yang tinggi dengan Anda.

Tips menjawabnya: Coba ceritakan bagaimana kini Anda diberikan kesempatan untuk bisa lebih berkembang. Mengalihkan pembicaraan dari promosi dan kenaikan gaji dengan bagaimana Anda memiliki tantangan baru dalam meraih kesuksesan. Jangan lupa, kesuksesan datang dalam berbagai bentuk dan posisi tinggi bukanlah satu-satunya cara untuk mengukur kesuksesan.



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading