Ini Cara Bijak Jawab Pertanyaan 'Kapan Nikah?' Saat Lebaran

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
13 June 2018 12:00
Ini Cara Bijak Jawab Pertanyaan 'Kapan Nikah?' Saat Lebaran
Jakarta, CNBC Indonesia- Lebaran menjadi momen berkumpul bersama keluarga besar. Ketika usia Anda sudah cukup untuk menikah namun belum juga karena masih fokus terhadap karier, tak menutup kemungkinan pertanyaan 'Kapan nikah?' akan kembali muncul saat silaturahmi Lebaran.

Pertanyaan ini biasanya mengarah ke status hubungan Anda, diikuti dengan rekomendasi atau nasehat dari sesepuh. Ini bisa sangat sulit bagi mereka yang berusia di akhir 20-an dan awal 30-an dengan banyak yang memilih untuk fokus pada karier.




Jangan langsung menekuk wajah saat pertanyaan itu dilontarkan lagi dan lagi kepada Anda, terutama saat Hari Raya. Seperti dalam keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, LinkedIn punya tips untuk menghadapi pertanyaan 'Kapan nikah?' saat Lebaran.

"Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah tersenyum dan menggunakan kesempatan ini untuk menekankan bagaimana Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk perbaikan diri. Ingat bahwa setiap orang berada pada tahap yang berbeda dalam karier mereka, jadi jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain," saran LinkedIn.

Ingatkan juga kepada orang yang bertanya kalau ini pilihan yang membuat Anda bahagia dan sudah mempunyai target ke depannya. Jaga cara bicara Anda agar jangan terkesan kesal. Coba alihkan ke cerita bagaimana Anda menikmati pekerjaan saat ini.

"Gunakan kiat-kiat ini dengan versi Anda sendiri. Mungkin ini adalah tahun di mana keluarga dan kerabat Anda mulai lebih memahami passion Anda, pilihan karier Anda, dan ide kesuksesan Anda," kata LinkedIn lagi.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading