Make Up Artist, Profesi Kekinian Bertarif Puluhan Juta Rupiah

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
15 March 2018 20:36
Profesi makeup artist sekarang digemari kaum milenial. Apa yang membuat profesi MUA diminati milenial?
Jakarta, CNBC Indonesia- Profesi makeup artist sekarang bisa ditekuni siapa saja termasuk kaum milenial. Bahkan beberapa anak muda tertarik menjadi penata rias tanpa kursus atau sekolah makeup terlebih dahulu. Apa yang membuat profesi MUA diminati milenial?

Makeup artist Carolina Septerita mengatakan banyak wanita maupun pria ingin menjadi penata rias karena tentu penghasilan. Menurut wanita yang sudah lebih dari 20 tahun menjadi MUA itu, profesi penata rias kini cukup menjanjikan.




"Pendapatan lah yang buat mereka pengen jadi MUA. Dulu aku pernah menjadi beauty adviser nggak kepikiran bakal jd MUA seperti sekarang. Nggak kepikiran kalau ini bisa jadi ladang uang. Apalagi buat ibu rumah tangga sekarang walaupun nggak kerja kantoran tapi mereka bisa menghasilkan uang yang lumayan dengan jadi makeup artist," kata wanita dengan sapaan Carol itu saat berbincang dengan CNBC Indonesia di Patio, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/3/2018).

Carol menuturkan kalau kini seorang penata rias memiliki bayaran yang beraneka ragam, mulai dari Rp 100 ribu sekali makeup simpel hingga puluhan juta rupiah.

Dalam satu hari, seorang MUA juga bisa memiliki klien lebih dari tiga jika jam terbangnya sudah tinggi.

Di samping penghasilan, sejumlah milenial ingin menjadi MUA karena berharap bisa terkenal. Melalui media sosial, profesi makeup artist menjadi sangat terbantu dalam mempromosikan hasil 'karya' mereka. Beberapa penata rias pun menjadi terkenal karena karyanya di media sosial.

"Mereka juga pengen di-endorse, kerjasama dengan artis, jadi selebgram (selebriti Instagram). Penghasilannya jadi semakin besar," tambah Creative Director dari Wardah Beauty itu .

Bagi milenial yang ingin menjadi makeup artist, Carol punya beberapa tips. Ia mengatakan semua orang bisa menjadi makeup artist asal mau belajar. Namun penting pula bisa mempromosikan diri di media sosial karena teknologi digital dapat dimanfaatkan sebagai sarana penjualan utama.

Untuk awal, Carol juga menyarankan banyak melakukan review produk dari merek kosmetik ternama melalui video yang diunggah ke media sosial. Review tersebut mampu menarik klien agar melirik ke Anda.

"Jadi saat orang search brand itu misalnya Wardah, nanti bisa keluar nama kamu, review makeup kamu, orang jadi lihat kamu," saran wanita 41 tahun ini sebelum menutup perbincangan.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading