Kakek Penjual Es Loli Dapat Donasi dari Netizen Rp 5,1 Miliar

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
31 January 2018 12:29
Kakek Penjual Es Loli Dapat Donasi dari Netizen Rp 5,1 Miliar
Jakarta, CNBC Indonesia- Rezeki bisa datang dari mana saja termasuk orang tak dikenal. Contohnya dengan apa yang terjadi kepada Kakek berusia 89 tahun asal Amerika ini, Ia menerima donasi hingga Rp 5,1 miliar dari warga net atau netizen. Ada apa gerangan?

Kisah bermula dari cerita Joel Cervantes Macias yang sedang menyusuri jalan di area Little Village, Amerika. Tanpa sengaja, Joel melihat seorang pria tua yang sudah membungkuk mendorong gerobak. Rupanya pria tua yang diketahui bermarga Sanchez itu sedang berjualan es loli.




Joel kemudian mendekati pria tua berusia 89 tahun itu. Ia bertanya-tanya mengapa Sanchez masih berjualan di usianya yang sudah sangat sepuh. Sanchez pun mengaku kalau ia berjualan demi memenuhi kebutuhan dua cucunya. Anak perempuannya yang merupakan ibu dari dua cucunya tersebut telah meninggal.

Mendengar cerita sang kakek, Joel tidak tega. Ia langsung membeli 20 es loli yang merupakan dagangan Sanchez sekaligus mendoakannya. 

“Saya kemudian membeli 20 es loli dan memberikan US$ 50 (Rp 670 ribuan) dan berkata kalau Tuhan akan memberkatinya,” ujar Joel.

Sanchez menuturkan kalau ia biasa bangun pagi dan bekerja hingga pukul 20.00 setiap hari tanpa libur selama 23 tahun. Joel merasa memborong es loli saja tak cukup, harus ada sesuatu yang dilakukan untuk membantu Sanchez. Ia tak bisa membayangkan Sanchez harus berjualan setiap hari pagi dan malam bahkan ketika cuaca sedang buruk.

Hidup Sanchez menjadi lebih sulit saat istrinya, Eladia, jatuh sakit sehingga ia harus bekerja keras. Joel kemudian berpikir untuk mencari sumbangan online lewat GoFundMe. Awalnya ia menetapkan target sebesar US$ 3 ribu atau sekitar Rp 40 jutaan. 

Tak disangka, respon netizen sungguh positif. Joel berhasil mengumpulkan sumbangan hingga US$ 384 ribu atau sekitar Rp 5,1 miliar. Uang tersebut diketahui telah diberikan kepada Sanchez dan keluarga.

Sanchez sangat berterima kasih kepada seluruh warganet yang sudah membantunya. “Begitu banyak yang telah membantu saya. Saya merasa sangat senang dan berterima kasih,” kata Sanchez kepada ABC7 News. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading