Raksasa Saingan Baru Gojek-Grab Siap Mengaspal di Bali

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
14 September 2022 08:15
Destinasi wisata di Bali. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Destinasi wisata di Bali. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Airasia siap meluncurkan layanan ride-hailing mereka di Indonesia. Lokasi pertama yang dipilih oleh perusahaan asal Malaysia ini adalah Bali.

Regional CEO Airasia Ride Lim Chiew Shan mengatakan bahwa driver Airasia di Bali ini akan mendapatkan kesempatan yang sama dengan yang mereka berikan di Malaysia.

"Ya, pengemudi Indonesia akan mendapatkan skema kerja yang sama," kata Lim saat konferensi per virtual, Selasa (13/9/2022).


Namun demikian ia mengatakan meski skema kerja yang sama dibawa ke Indonesia, Airasia Super App tetap harus mematuhi peraturan di daerah tempat mereka beroperasi.

"Benar. Jadi setiap negara yang kita tuju ke sana, jadi itu [program di Malaysia] sudah menjadi model standar, tapi kita harus mengubahnya untuk mengikuti dengan kebutuhan pasar dan juga regulasi yang berlaku di negara itu," terangnya.

Program Airasia adalah menjadikan driver atau pengemudi Airasia sebagai karyawan dengan gaji tetap. Skema ini mulai bergulir pada 1 Oktober di Malaysia.

Driver dengan sistem gaji setiap bulan ini juga diberikan segala rupa fasilitas dan bonus, seperti insentif, asuransi kesehatan untuk keluarga, jenjang karier, dan potongan harga staf untuk penerbangan AirAsia.

Lim menyebut program ini akan mulai di Bali sekitar 2 bulan lagi, tepatnya pada November 2022.

"Peluncuran akan dilakukan 2 bulan lagi. Jadi tolong nantikan kami di indonesia dalam beberapa bulan mendatang pada bulan November," ungkapnya.

Di Malaysia, Airasia mengumumkan program pekerjaan penuh waktu untuk semua pengemudi dari cabang e-hailing, Airasia Ride, yang baru kepada pengendara pengiriman makanan Airasia dan Airasia Xpress.

Pengemudi yang memenuhi syarat dapat mengikuti program Pengemudi Penuh waktu yang memungkinkan mereka untuk memiliki pendapatan dasar bulanan hingga RM3,500 (sekitar Rp 11,5 juta).

Driver juga akan mendapat manfaat fasilitas bahan bakar, dan kesempatan untuk mendapatkan total pendapatan hingga RM 8,000 (Rp 26,4 juta) dengan skema insentif driver tambahan. Tak lupa manfaat lain sebagai karyawan Allstar termasuk EPF, SOCSO, cakupan medis yang mencakup pasangan dan anak, cuti tahunan, dan potongan harga staf untuk penerbangan AirAsia.

Pengemudi Penuh waktu juga akan diberikan tugas pekerjaan bandara prioritas untuk memungkinkan mereka memperoleh lebih penjemputan dan pengantaran bandara karena permintaan perjalanan terus meningkat di seluruh wilayah tersebut.

Saat ini, Airasia Ride telah beroperasi di 11 kota di Malaysia. Layanan yang akan diluncurkan Airasia di Bali adalah pemesanan taksi dan kendaraan pribadi lewat aplikasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Panampakan Taksi Tanpa Pengemudi Pertama di Dunia


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading