Menteri Digital Negara G20 Diajak Antisipasi Dampak Digital

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
01 September 2022 12:10
Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia dalam acara Kelompok Kerja Ekonomi Digital Group of Twenty atau Digital Economy Working Group (4th DEWG Meeting) G20 pada 29 Agustus 2022 - 1 September 2022 di Hotel Mulia Resort Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia dalam acara Kelompok Kerja Ekonomi Digital Group of Twenty atau Digital Economy Working Group (4th DEWG Meeting) G20 pada 29 Agustus 2022 - 1 September 2022 di Hotel Mulia Resort Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak Menteri Digital dari Negara Anggota G20 bekerja sama mengantisipasi dampak digitalisasi. Menurutnya, Presidensi G20 Indonesia melakukan upaya terbaik untuk membangun konsensus sesuai fokus Digital Economy Working Group (DEWG) yang membahas masalah digitalisasi dan dampak lintas sektor di seluruh dunia.

"Anggota G20 memikul beban dan tanggung jawab global dan pekerjaan kolektif, yang akan berdampak pada bagaimana dunia bergerak. Sebagai orang baru di forum ini, saya membutuhkan kerja sama semua orang," tuturnya dikutip dari siaran pers, Kamis (1/9/2022).

Dia mendorong Menteri Digital G20 mendukung hasil DEMM untuk mencapai tujuan Presidensi G20 Indonesia 2022. Terutama mengenai ekosistem digitalisasi yang sebelumnya dibahas melalui Forum DEWG Presidensi G20 Indonesia.

"Saya berharap Anda (Menteri Digital G20) akan terus mendukung tujuan kami untuk mencapai tujuan Presidensi G20 Indonesia. Dalam diskusi yang memperkaya hari ini, saya sangat berharap bahwa bersama-sama kita dapat menghasilkan hasil nyata. Itu akan menguntungkan tidak hanya Anggota G20, tetapi juga untuk seluruh dunia," ungkapnya.

Johnny menjelaskan, Kementerian Kominfo selaku pengampu DEWG telah menyelenggarakan empat sesi pertemuan di Lombok, Yogyakarta, Labuan Bajo, dan Bali. Oleh karena itu, dia menyambut semua delegasi dalam DEMM sebagai puncak acara pelaksanaan Forum DEWG.

"Kami akhirnya berada di pertemuan Para Menteri Ekonomi Digital G20 2022. Saya menyambut semua Menteri Ekonomi Digital. Terima kasih atas upaya khusus untuk berada di sini bersama kami, serta dua menteri lainnya bergabung secara virtual," ujarnya.

Di samping itu, Johnny menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tulus kepada Chair dan Alt. Chair DEWG G20, masing-masing ketua kelompok kerja DEWG Negara Anggota G20, dan seluruh pihak yang terkait telah melakukan berbagai upaya selama penyelenggaraan DEWG.

"Di ranah Forum G20 ini, saya adalah pimpinan baru di sini untuk mengemban misi pertama Digital Economy Working Group setelah diangkat dari Satgas Ekonomi Digital. Oleh karena itu, hari ini saya meminta dukungan dan kesediaan Menteri Ekonomi Digital G20 untuk melakukan misi ini bersama-sama dengan satu semangat dan dengan tekad dan kerja sama yang lebih kuat," tuturnya.

Artikel Selanjutnya

RI Jadi Pusat Digital ASEAN di 2024, Emang Bisa?


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading