Menkominfo Johnny Plate Bertemu Dubes Ukraina, Bahas Apa?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
18 October 2022 14:08
Menkominfo bertemu dengan Dubes Ukraina Foto: CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate bertemu dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia H.E Mr. Vasyl Hamianin, di Kantor Kominfo, Selasa (18/10/2022).

Pertemuan itu membahas soal potensi kerjasama antar Indonesia dan Ukraina, khususnya di bidang digital, termasuk talenta, infrastruktur hingga keamanan siber.

Menurut Johnny, terlepas dari situasi geopolitik yang ada di Ukraina saat ini, relasi dan hubungan antara kedua negara tetap bisa terus terjalin. Apalagi jika ada potensi yang bisa dikembangkan.

"Karena memang sebelumnya sudah ada kerjasama sektor private antara Indonesia dan Ukraina yang sudah berjalan sebelum perang yang sementara ini terhenti sebagian, karena displace rekan-rekannya yang ada di Ukraina sudah berpindah-pindah tempat sebagai akibat dari perang," ujar Johnny saat ditemui usai pertemuan.

"Kita harapkan kembali dibuka komunikasi dan reactivated untuk dihidupkan kembali potensi kerjasamanya," imbuh dia.

Kedua negara mencoba mencari dan melihat, apakah ada kesempatan kembali untuk dapat dilakukan reaktivasi kembali menghidupkan kembali kerjasama yang dulu sudah pernah dilakukan dan akan kembali dikembangkan.

"Sayang kalau kesempatan-kesempatan kerja sama ini kita lewatkan begitu saja di situasi yang sulit saat ini tetap bisa dilihat ruang ruang atau potensi-potensi kerjasama yang bisa bermanfaat untuk Ukraina dan untuk Indonesia," ujar Johnny.

Hal yang sama disampaikan oleh Hamianin. Indonesia dan Ukraina dulu memiliki kerja sama, dan dulu memiliki rencana yang sangat bagus untu bekerjasama di bidang-bidang penting untuk dunia saat ini.

"Dan kami memiliki banyak bidang yang dapat kami kembangkan untuk interaksi kami. Kita bisa bersama-sama mengembangkan program kita bisa bersama-sama mengembangkan sistem, dan kita bisa melakukannya demi memastikan keamanan, keamanan siber, seperti keamanan militer, keamanan TI dan umumnya demi kemajuan dan perkembangan masyarakat, ekonomi, dan bisnis," tuturnya.

Ia pun berharap perang yang saat ini masih berlangsung di Ukraina, akan segera berakhir.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menkominfo Curhat Soal Judi Online: 'Kejar-kejaran 24 Jam'


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading