Data Investasi Startup Terbaru, Ada Pieter Tanuri dan Ismaya

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
16 June 2022 08:20
Doc.Ismaya/Instagram

Jakarta, CNBC Indonesia - Aliran modal untuk mendanai startup di Indonesia masih mengalir deras meskipun industri teknologi global diterpa isu pemutusan hubungan kerja (PHK). Pada pertengahan Juni, ada investasi dari perusahaan blockchain milik pendiri Twitter.

Potensi industri digital Indonesia tampaknya masih terlalu menarik untuk dilewatkan investor di tengah pengetatan aliran modal di pasar finansial. 

Menurut Laporan e-Conomy SEA 2021 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai US$70 miliar pada 2021 dan diperkirakan menyentuh US$146 miliar pada 2025.


Dalam laporan Cento Ventures, Indonesia bersaing dengan Singapura sebagai penerima investasi startup terbesar sepanjang 2021. Menurut catatan, 42% dari modal diinvestasikan di startup Indonesia.

Pada 2021, nilai investasi startup di Indonesia mencapai US$5,96 miliar atau sekitar Rp 85,8 triliun, sedangkan Singapura mencatatkan US$ 4,83 miliar atau sekitar Rp 69,6 triliun.

Data Pendanaan Startup di Indonesia sepanjang Juni 2022

Sepanjang Juni, bursa kripto Pintu masih merupakan startup dengan nilai pendanaan terbesar, menggalang US$113 juta atau sekitar Rp 1,64 triliun lewat penerbitan saham Seri B.

Pieter Tanuri (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)Foto: Pieter Tanuri (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)

Pekan ini, ada dua pendanaan yang melibatkan nama besar. Vidio, platform streaming yang dirintis Emtek, kini didukung juga oleh Grab, Pieter Tanuri, dan Sinarmas. Ketiganya menanamkan modal US$45 juta di Vidio.

Kemudian, ada Block, perusahaan blockchain yang dipimpin oleh pendiri Twitter Jack Dorsey. Block bersama raksasa teknologi China, Tencent, ikut mendanai startup fintech Flip.

Menggunakan data yang tersedia secara publik CNBC Indonesia merangkum deretan startup yang sukses menggalang dana dari para investor sepanjang Juni 2022:


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Data Pendanaan Startup Indonesia Sepanjang Mei 2022


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading