Data Pendanaan Startup Juni 2022, Bursa Kripto hingga Regtech

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
09 June 2022 09:25
Suasana program akselerator startup Y Combinator di Silicon Valley

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki bulan Juni, ada beberapa startup Indonesia yang mengumumkan pendanaan triliun rupiah. Bisnis yang digeluti beragam, mulai dari bursa kripto hingga perusahaan yang bergerak di industri regulatory technology atau regtech.

Berita investasi di perusahaan rintisan bidang teknologi Indonesia masih mengalir di tengah ramai kabar buruk di dunia startup global dan dalam negeri. Meskipun diterpa badai PHK startup, founder startup di tanah air masih bisa meyakinkan investor untuk mendukung perusahaan yang mereka bangun.

Menurut Laporan e-Conomy SEA 2021 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai US$70 miliar pada 2021 dan diperkirakan menyentuh US$146 miliar pada 2025.


Dalam laporan Cento Ventures, Indonesia bersaing dengan Singapura sebagai penerima investasi startup terbesar sepanjang 2021. Menurut catatan, 42% dari modal diinvestasikan di startup Indonesia.

Pada 2021, nilai investasi startup di Indonesia mencapai US$5,96 miliar atau sekitar Rp 85,8 triliun, sedangkan Singapura mencatatkan US$ 4,83 miliar atau sekitar Rp 69,6 triliun.

Data Pendanaan Startup di Indonesia sepanjang Juni 2022

Pada pekan pertama Juni perusahaan social commerce yang fokus di Jawa Timur dan wilayah timur Indonesia, Super, meraih pendanaan US$70 juta. Pendanaan skala kakap ini hanya bertahan seminggu sebagai yang terbesar. Pekan ini, bursa kripto Pintu mengumumkan pendanaan senilai US$113 juta atau sekitar Rp 1,64 triliun.

Perusahaan kuliner multi-brand yang salah satu pendirinya adalah putra Presiden Jokowi, Kaesanga Pangarep, pekan ini juga mengumumkan pendanaan. Ada juga, startup yang bergerak di industri regtech Vida, yang bisnisnya menyediakan metode autentikasi tanda tangan digital.

Co-Founder Mangkokku Indonesia, Chef Arnold, Randy J Kartadinata, Kaesang PangarepFoto: dok Mangkokku
Co-Founder Mangkokku Indonesia, Chef Arnold, Randy J Kartadinata, Kaesang Pangarep

Menggunakan data yang tersedia secara publik CNBC Indonesia merangkum deretan startup yang sukses menggalang dana dari para investor sepanjang Juni 2022.

Berikut adalah daftar lengkap startup yang mengumumkan pendanaan baru:


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fintech Panen Modal, Investasi Startup Gim Meroket


(dem/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading