Awas Penipuan di Medsos, Ini Tips Bos BCA Biar Terhindar

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 June 2022 13:10
Layanan perbankan BCA untuk penuhi kebutuhan transaksi nasabah.

Jakarta, CNBC Indonesia - Penipuan lewat telepon dan WhatsApp mengatasnamakan BCA dan iklan akun BCA palsu kerap terlihat di media sosial khususnya Instagram. Para penipu akan menawarkan program upgrade dari nasabah BCA Solitaire dan Prioritas atau menawarkan aplikasi kartu kredit BCA hingga ganti ke kartu cip.

"Kami mencermati bahwa belakangan ini cybercrime sering terdengar seiring makin pesatnya perkembangan digital. Salah satu jenis cybercrime yang kerap terjadi adalah penipuan online seperti dengan munculnya iklan di media sosial dan meminta data pribadi Anda seperti nomor kartu kredit, PIN, OTP, dll," kata Direktur BCA, Haryanto Budiman, dikutip dari keterangan resminya, Kamis (9/6/2022).

"Hal ini patut diwaspadai oleh nasabah karena bank tidak pernah meminta data pribadi Anda. Jangan pernah memberikan data pribadi Anda kepada siapapun."


Pihak BCA juga membagikan tips untuk menghindari penipuan. Misalnya saja membedakan nomor telepon serta akun media sosial BCA yang resmi dan tidak.

Berikut tips saat menemukan modus penipuan tersebut:

  1. Nomor telepon Halo BCA adalah 1500888 dan tidak ada awalan kode 021 atau +62. Sementara itu, WhatsApp resmi bank BCA adalah 08111500998 dengan centang hijau. Selain itu masyarakat perlu waspada akan penipuan.
  2. Akun resmi Instagram BCA adalakh @GoodlifeBCA.
  3. Website resmi BCA adalah www.bca.co.id. Sementara website BCA Solitaire dan Prioritas adalah prioritas.bca.co.id dan aplikasi BYC Apps.
  4. Keanggotaan Solitaire dan Prioritas hanya bisa didapatkan dengan syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA dengan surat resmi kepada nasabah. Apabila ada yang menawarkan dengan media sosial sudah pasti penipuan.
  5. Masyarakat juga diingatkan jangan menekan link apapun. Termasuk juga dilarang mengisi data pribadi. BCA tidak akan mengisi data pribadi lewat sarana apapun termasuk link.
  6. Masyarakat diingatkan juga untuk menjaga kerahasiaan data pribadi seperti nomor kartu debit atau kartu kredit. PIN, CVV/CVC, OTP.

Masyarakat juga diingatkan untuk melaporkan akun media sosial palsu BCA. Baik melalui pelaporan ke Instagram dan mengirimkan pesan ke akun Instagram BCA @GoodlifeBCA.

"Jika Anda telah menjadi korban penipuan, silakan laporkan," kata EVP Individual Customer Business Development BCA, Adrianus Wagimin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kejahatan Skimming Incar Pengguna ATM, BCA Imbau Lakukan Ini


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading