Banyak di SPBU, Ini Tanda ATM yang Dipasang Alat Skimming

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
08 May 2022 11:10
Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri ATM yang Dipasang Alat Skimming

Jakarta, CNBC Indonesia - Skimming menjadi salah satu bentuk kejahatan perbankan yang menghantui para pengguna ATM. Dengan skimming, pelaku dapat mencuri data beserta rekening yang ada di dalam kartu ATM dengan menduplikasi kartu yang di-scan melalui mulut tempat memasukkan kartu ATM.

Untuk melakukan kejahatan ini, pelaku akan memasang alat khusus bernama scammer. Alat tersebut mirip dengan bentuk mulut slot kartu ATM. Saat kartu dimasukkan ke dalam scammer, alat itu akan merekam informasi dari kartu secara otomatis.

Pakar keamanan siber dan pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto mengimbau untuk masyarakat dapat mengecek terlebih dahulu mesin ATM sebelum melakukan transaksi.


Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertanda mesin ATM sudah dipasangi alat penipuan atau skimming. Ciri pertama, sebuah alat biasanya terpasang di bagian mulut tempat memasukkan kartu ATM. Pada bagian atas penutup tombol ATM, diletakkan kamera untuk menangkap pin ATM nasabah.

"Biasakan setiap mau transaksi di ATM manapun, raba di bagian atas langit-langit penutup tombol sebelum masukin PIN ATM," ujar Teguh kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Selain itu, menurutnya mesin ATM yang jadi sasaran pelaku kejahatan biasanya berada di tempat sepi. Salah satunya yang ditempatkan pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Untuk itu, Teguh Menyarankan untuk menggunakan transaksi tanpa kartu atau cardless. Masyarakat diminta memisahkan rekening utama serta rekening yang dipakai untuk transaksi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Ciri-ciri ATM yang Dipasang Alat Skimming, Banyak di SPBU


(dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading