Awas Terkecoh! Ini Ciri ATM yang Sudah Dipasang Alat Skimming

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 April 2022 09:30
Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri ATM yang Dipasang Alat Skimming

Jakarta, CNBC Indonesia - Tindak kejahatan dengan modus skimming telah memakan banyak korban. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengenali ciri-ciri ATM yang telah dipasang alat skimming.

Sebagai informasi, skimming merupakan tindakan kejahatan pencurian data pengguna ATM dengan tujuan membobol rekening korbannya. Para pelaku akan menggunakan alat khusus bernama scammer untuk melakukan aksinya tersebut.

Alat tersebut berbentuk mirip seperti tempat slot kartu ATM. Saat korban memasukkan kartu ke sana, alat scammer akan merekam informasi kartu secara otomatis.


Pakar keamanan siber dan pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto menjelaskan korban modus skimming ini bisa siapa saja dan nasabah bank apapun.

Dia menambahkan sejumlah mesin ATM berisiko telah dieksploitasi orang jahat. Mesin tersebut telah dipasang alat perekam tersebut.

Pada bagian atas penutup ATM, akan ada kamera yang bertugas merekam PIN ATM yang dimiliki oleh nasabah. Untuk itu dia mengingatkan selalu memeriksa mesin ATM yang sedang digunakan.

"Biasakan setiap mau transaksi di ATM manapun, raba di bagian atas langit-langit penutup tombol sebelum masukin PIN ATM," jelas Teguh dalam tweet-nya di Twitter beberapa waktu lalu.

Selain itu, Teguh menjelaskan yang menjadi sasaran para pelaku kejahatan adalah mesin ATM yang diletakkan di lokasi sepi. Salah satunya adalah di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Jadi ketika melakukan transaksi menggunakan kartu di tempat-tempat tersebut sebaiknya hati-hati," kata Teguh.

Untuk menghindarinya, dia juga menyarankan untuk melakukan transaksi tanpa kartu atau disebut cardless. Serta memisahkan rekening utama dan yang digunakan bertransaksi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Ciri-ciri ATM yang Dipasang Alat Skimming, Banyak di SPBU


(npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading