Startup Milik Kaesang Raih Rp 101 M dari Emtek, Investor Lain

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
06 June 2022 10:49
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi bagian dari e-Sport. (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Startup kuliner multi-brand Mangkokku mengumumkan penutupan pendanaan Seri A senilai US$ 7 juta atau sekitar Rp101 miliar. Pendanaan kali ini dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan EMTEK, dengan partisipasi dari Cakra Ventures.

Mangkokku menerima pendanaan awal pada 2020 dari Alpha JWC Ventures. Sejak itu, perusahaan mengklaim telah tumbuh 6x dalam hal penjualan dan melipatgandakan jumlah tokonya.

Diketahui, perusahaan telah mengelola 50 gerai di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, dan Solo. Dalam beberapa bulan ke depan, Mangkokku juga akan membuka lebih banyak lagi restoran flagship-nya, sambil memperluas dapur awan atau cloud kitchen ke area dan kota baru.


Co-Founder Mangkokku Indonesia, Chef Arnold, Randy J Kartadinata, Kaesang PangarepFoto: dok Mangkokku
Co-Founder Mangkokku Indonesia, Chef Arnold, Randy J Kartadinata, Kaesang Pangarep

Meskipun perusahaan berfokus untuk memperluas kehadiran offline tahun ini, pengiriman online masih menjadi mayoritas penjualan Mangkokku.

Untuk meningkatkan pengalaman membeli dan meningkatkan keterlibatan pelanggan, Mangkokku akan meluncurkan aplikasi selulernya sendiri pada Q3 2022.

Aplikasi ini akan menampilkan layanan pemesanan dan pengambilan sendiri, juga program loyalitas dan banyak promo khusus. Selain itu, Mangkokku juga menargetkan untuk mencapai outlet ke-100 tahun ini dan dibuka 100 lagi tahun depan.

Co-Founder dan CEO Randy Kartadinata, mengatakan, Mangkokku bertujuan untuk menjadi perusahaan Ritel Kuliner Baru yang serba bisa.

"Kami akan memperkuat kehadiran online dan offline kami melalui outlet untuk melayani lebih banyak pelanggan," kata Randy dalam keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Senin (6/6/2022).

Dengan beragam menu permanen dan musiman, Mangkokku mengaku menyajikan lebih dari 4 juta mangkuk setiap tahunnya melalui saluran online dan offline.

Kolaborasi menjadi salah satu strategi pasar Mangkokku, dengan meluncurkan lebih dari selusin menu kolaborasi dalam satu tahun terakhir dengan merek besar dan koki selebriti, termasuk juri dan pemenang MasterChef Indonesia dan game Free Fire keluar Garena.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Startup Food-Tech Lokal Olah Bahan Nabati Jadi "Daging Ayam"


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading