Startup Food-Tech Lokal Olah Bahan Nabati Jadi "Daging Ayam"

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
19 April 2022 17:40
Pangan berbasis protein nabati menyerupai daging ayam buatan Off Food

Jakarta, CNBC Indonesia - Makanan berbasis protein nabati atau yang lebih dikenal sebagai plant-based, selalu identik dengan harga yang mahal. Tantangan tersebut dijawab oleh Off Foods, yang menjadi salah satu startup food tech asal Indonesia.

Didirikan pada 2021 oleh Dominik Laurus dan Jhameson Ko, startup ini hadir dengan menyediakan pangan alternatif berbasis nabati. Pada Agustus 2021, perusahaan meluncurkan produk andalannya yaitu Off Meat, protein alternatif pengganti daging ayam.

Sejak saat itu, produk tersebut telah melihat pertumbuhan penjualan 10x lewat skema business-to-business (B2B) dengan restoran. Beberapa restoran yang sudah bekerja sama dengan Off Foods antara lain Mamma Rosy, katering Fitco Eats, Gaaram, Wanfan, Mangkokku, Byurger dan Zenbu.


Off Foods saat ini telah hadir di tujuh area, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta dan Makassar. Perusahaan juga baru saja membuka cabang baru di Bali yang merupakan salah satu pasar pangan nabati terpenting di Indonesia.

Startup produsen protein nabati ini baru saja memperoleh suntikan modal US$1,7 juta (sekitar Rp24,3 miliar) dalam pendanaan tahap awal (seed funding) yang dipimpin oleh Alpha JWC Ventures. Investor lainnya yang ikut berpartisipasi yakni Global Founders Capital, Creative Gorilla Capital, Lemonilo dan United Family Capital.

Suntikan dana yang didapat, rencananya akan digunakan untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangannya untuk menawarkan variasi baru Off Meat, dimulai dengan produk pangan mirip ayam lainnya seperti nugget. Dengan tambahan modal yang diperoleh, Off Foods juga berencana melanjutkan ekspansi ke kota lain di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Data Pendanaan Startup di Indonesia Bulan Maret 2022


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading