Data Pendanaan Mei-Juni 2022, Startup Jatim Raup Rp 1 Triliun

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
02 June 2022 16:00
Gambar Konten, Ancaman PHK Karyawan di Startup

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepanjang bulan Mei, startup Indonesia mengumumkan pendanaan triliun rupiah. Memasuki bulan Juni, gelombang investasi ke startup digital di tanah air berlanjut.

Di tengah kabar PHK, prospek yang cerah terus menarik minat investor untuk mendanai startup teknologi baru di Indonesia.

Menurut Laporan e-Conomy SEA 2021 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai US$70 miliar pada 2021 dan diperkirakan menyentuh US$146 miliar pada 2025. 


Dalam laporan Cento Ventures, Indonesia bersaing dengan Singapura sebagai penerima investasi startup terbesar sepanjang 2021. Menurut catatan, 42% dari modal diinvestasikan di startup Indonesia.

Pada 2021, nilai investasi startup di Indonesia mencapai US$5,96 miliar atau sekitar Rp 85,8 triliun, sedangkan Singapura mencatatkan US$ 4,83 miliar atau sekitar Rp 69,6 triliun.

Data Pendanaan Startup di Indonesia sepanjang Mei dan Juni 2022

Kurir Quick Commerce AstroFoto: dok Astro
Kurir Quick Commerce Astro

Pada pekan terakhir Mei, Astro mengumumkan tambahan US$60 juta di dalam ronde pendanaan seri B mereka. Rekor pendanaan terbesar dipegang oleh Xendit yang menerima US$300 juta untuk mendanai rencana ekspansi bisnis mereka.

Pada awal Juni, ada tiga yang startup mempublikasikan pendanaan yang mereka terima. Salah satunya adalah startup fintech yang didukung oleh perusahaan modal ventura milik pendiri Bukalapak Achmad Zaky, Init6. Perusahaan social commerce yang fokus di Jawa Timur dan wilayah timur Indonesia, Super, meraih pendanaan US$70 juta.

Menggunakan data yang tersedia secara publik CNBC Indonesia merangkum deretan startup yang sukses menggalang dana dari para investor sepanjang Mei dan Juni 2022.

Berikut adalah daftar lengkap startup yang mengumumkan pendanaan baru:


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Startup Food-Tech Lokal Olah Bahan Nabati Jadi "Daging Ayam"


(dem/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading