Dear Founder Startup, Ada Warning dari Silicon Valley

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
23 May 2022 16:20
Suasana program akselerator startup Y Combinator di Silicon Valley

Jakarta, CNBC Indonesia - Y Combinator atau YC, salah satu investor terkemuka Silicon Valley yang terkenal dengan program akselerator globalnya, punya peringatan pagi para founder startup.

Mereka menyarankan agar para pendiri startup bersiap untuk yang terburuk. Investor awal Reddit dan Airbnb itu menyatakan agar para perusahaan rintisan memangkas pengeluaran mereka dan, dalam 30 hari ke depan, menyusun strategi agar modal yang sekarang mereka punya bisa mendanai bisnis mereka lebih lama.

Kemudian, jika investor lama atau investor baru menawarkan modal segar, founder startup harus berpikir untuk mengambilnya. Bahkan, jika diberi persyaratan yang sama dengan putaran pendanaan terakhir.


Terlepas dari kemampuan untuk menggalang dana, para founder bertanggung jawab untuk memastikan perusahaan akan bertahan jika tidak dapat mengumpulkan uang selama 24 bulan ke depan.

"Jika rencana Anda adalah untuk mengumpulkan uang dalam 6-12 bulan ke depan, Anda mungkin meningkatkan di puncak penurunan. Ingatlah bahwa peluang sukses sangat rendah bahkan jika perusahaan baik-baik saja. Kami menyarankan Anda mengubah rencana Anda," kata perusahaan itu dalam surat yang berjudul "Penurunan Ekonomi", dikutip dari Tech Crunch, Senin (23/5/2022).

Menurut Tech Crunch, surat dari Y Combinator ke founder adalah sinyal tentang buruknya iklim investasi startup yang telah menghantam valuasi perusahaan teknologi besar sekalipun, seperti Shopify dan Netflix, kini mulai merambat ke startup tahap awal.

Y Combinator adalah investor yang fokus mendanai perusahaan yang baru mulai dirintis, melalui program akseleratornya yang digelar dua kali setahun di Silicon Valley. Pendiri perusahaan unicorn asal Indonesia seperti Xendit dan Ajaib, adalah alumni program Y Combinator.

Startup Bakal Sulit Mencari Investor
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading