Susah Cari Investor Baru, Modal Startup Harus Awet 24 Bulan

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
23 May 2022 14:15
Terkuak! Biang Kerok Bisnis Startup Gagal di Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Modal yang ada di rekening bank startup disebut harus cukup untuk bertahan hingga 24 bulan. Hal tersebut diungkap oleh investor ternama di Silicon Valley, Y Combinator atau YC, dalam suratnya kepada para founder.

YC mengatakan, dalam kondisi ekonomi yang penuh tantangan seperti sekarang, bagi para founder startup, langkah yang aman dilakukan adalah bersiap untuk yang terburuk.

Jika situasi saat ini sama buruknya dengan dua periode perlambatan ekonomi terakhir, cara terbaik bagi startup untuk bertahan adalah dengan menggunakan 30 hari ke depan untuk menyusun strategi memangkas biaya dan memperpanjang runaway.



Namun, jika startup tidak punya cukup modal untuk bertahan dalam beberapa bulan ke depan, YC sangat menyarankan agar pendiri startup mempertimbangkan untuk menerima tawaran pendanaan yang ada.

Jika investor lama atau investor baru bersedia memberikan tambahan modal, perusahaan didorong untuk mengambilnya. Meskipun jika mereka harus menerima persyaratan yang sama dengan putaran pendanaan terakhir.

Namun, YC menegaskan bahwa pendiri perusahaan harus memastikan startup yang ia rintis punya cukup dana untuk tetap beroperasi dalam 24 bulan ke depan, terlepas dari ada atau tidaknya peluang menggalang pendanaan baru.


"Jika rencana Anda adalah untuk menggalang dana dalam 6-12 bulan ke depan, Anda sedang ada di dasar penurunan valuasi. Ingatlah bahwa peluang sukses Anda sangat rendah, bahkan jika perusahaan Anda baik-baik saja. Kami menyarankan Anda segera menyesuaikan rencana Anda," kata perusahaan itu dalam surat kepada founder yang berjudul "Economic Downturn".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

5 Alasan Pendiri Startup Butuh Co-founder


(dem/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading