Pertumbuhan Shopee Mulai Tersendat, Gara-gara Free Fire?

Tech - Demis Rizky Gosta, CNBC Indonesia
18 May 2022 12:35
FILE PHOTO: A person walks in front of a sign of Shopee, the e-commerce arm of Southeast Asia's Sea Ltd, at its office in Singapore, March 5, 2021. REUTERS/Edgar Su/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19, jumlah pesanan di platform marketplace Shopee merosot. Pada saat yang sama, perusahaan game "saudara" Shopee, Garena, terus kehilangan pengguna.

Penurunan tersebut dilaporkan oleh Sea Ltd., perusahaan induk Shopee dan Garena, yang bermarkas di Singapura dan sahamnya diperdagangkan di bursa saham Amerika Serikat.

Order yang diproses oleh Shopee secara global memang naik dari 1,4 miliar pesanan pada kuartal I-2021 menjadi 1,9 miliar pesanan pada kuartal I/2022. Namun, jumlah tersebut juga lebih sedikit dibanding pesanan pada 3 bulan terakhir tahun lalu, yaitu 2 miliar order. Ini adalah penurunan jumlah order quarter-to-quarter (Q to Q) pertama sejak awal 2020.


Penurunan order di platform Shopee membuat nilai transaksi, yang diwakilkan dengan hitungan gross merchandise value (GMV), ikut tertekan. GMV di platform Shopee turun dari US$18,2 miliar menjadi US$17,4 miliar. Seperti jumlah order, ini adalah pertama kali omzet Shopee tidak tumbuh sejak periode pandemi Covid-19.

Pendapatan Shopee juga merosot secara kuartalan, dari US$1,6 miliar pada 3 bulan terakhir 2021 menjadi US$1,5 miliar pada kuartal I/2022.

Tantangan juga dihadapi oleh Garena, perusahaan penerbit game online dengan game terpopulernya Free Fire. Pertumbuhan pengguna aktif Garena untuk pertama kalinya merosot pada akhir tahun lalu, akibat larangan yang diterapkan oleh India.

Pada kuartal I-2022, jumlah pengguna aktif Garena terus merosot ke 615,9 juta pengguna dengan jumlah pengguna yang membayar turun ke 61,4 juta.

Penurunan jumlah pengguna ini membuat EBITDA disesuaikan Garena turun dari US$717,3 juta pada kuartal I-2021 menjadi US$431,4 juta pada kuartal I-2022. Padahal, Garena selama ini merupakan lumbung dana Sea Ltd., terutama untuk mendanai ekspansi besar-besaran Shopee yang beroperasi rugi.

Lalu, apakah penurunan order dan GMV Shopee karena efisiensi promosi? Apakah arus kas dari Garena yang tidak sederas dulu memaksa Shopee mengurangi diskon dan cashback untuk mendorong frekuensi belanja?

Kerugian Sea yang Makin Lebar
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading