Di DEWG, Menkominfo Soroti Soal Kesenjangan Digital

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 May 2022 20:31
Pertemuan DEWG 20 Kedua di Yogyakarta

Yogyakarta, CNBC Indonesia - Salah satu yang menjadi sorotan Menteri Kominfo Johnny Plate dalam G20 Digital Economy Working Group (DEWG 20) kedua mengenai kesenjangan digital. Menurutnya kesenjangan digital tersebut masih menjadi tantangan.

Data International Telecommunication Union (ITU) tahun 2021 l, 2,9 miliar orang belum pernah menggunakan internet. Sementara itu Johnny, mengutip data Bank Dunia, ada 94 juta orang dewasa di Indonesia tahun 2019 masih belum bisa mengakses internet di handphone.

"Kesenjangan digital masih menjadi tantangan. Dan bahkan lebih sedikit lagi yang memiliki akses ke internet broadband tetap. Masalah konektivitas seperti itu, menuntut kami di Kementerian Komunikasi dan Informatika, untuk bekerja lebih keras dalam menyediakan infrastruktur digital yang stabil dan kuat," jelas Johnny dalam keterangannya, dikutip Selasa (15/7/2022).


Salah satu upaya untuk penyediaan infrastruktur dengan menggelar infrastruktur telekomunikasi secara masif. Misalnya dengan kabel serat optik baik di darat dan laut.

"Berupa kabel serat optik di darat dan bawah laut, beberapa satelit high-throughput, dan ribuan penggelaran Base Transceiver Station," kata Johnny.

Kondisi ini juga menjadi salah satu pertimbangan bahasan forum DEWG mengenai membahas upaya menjembatani kesenjangan digital. Yakni dengan kolaborasi lebih kuat untuk mendorong penyebaran infrastruktur digital secara besar-besaran di antara negara G20 dan dunia.

Johnny mendorong pula adanya pertukaran pandangan mengenai praktik keamanan digital. Dengan begitu transformasi digital tiap negara bisa berjalan dengan baik.

"Kami juga akan berusaha untuk bertukar pandangan tentang praktik keamanan digital yang ada sebagai faktor utama untuk mendukung keberlanjutan bisnis, memungkinkan bussiness matchmaking dalam Digital Innovation Network G20, dan menunjukkan tonggak transformasi digital masing-masing negara, serta memfasilitasi pembelajaran bersama dan kolaborasi antar anggota G20, melalui Digital Transformation Expo," jelasnya.

Sidang Kedua DEWG 20 itu diselenggarakan di Yogyakarta dan dilakukan secara hybrid dengan 15 anggota G20 hadir langsung. Gelaran tersebut dipimpin langsung oleh Chair DEWG Mira Tayyiba serta Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan SDM dan Alternate Chair DEWG Dedy Permadi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Peluang & Tantangan Digitalisasi Dibahas Tuntas di DEWG G20


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading